Penerapan metode bamboo dancing untuk pembelajaran kosakata Bahasa Jerman pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang / Rike Apriyantinah

Apriyantinah, Rike (2015) Penerapan metode bamboo dancing untuk pembelajaran kosakata Bahasa Jerman pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang / Rike Apriyantinah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Apriyantinah, Rike. 2015. Penerapan metode Bamboo Dancing untuk pembelajaran kosakata bahasa Jerman pada kelas X SMA Negeri 9 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Rizman Usman, M.Pd. (II) Desti Nur Aini, S.S., M.Pd. . Kata Kunci: metode pembelajaran, Bamboo Dancing, pembelajaran kosakata bahasa Jerman Kosakata merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pembelajaran bahasa. Dengan penguasaan kosakata, siswa dapat membaca, menulis, berbicara, dan menyimak. Untuk dapat mengusai kosakata diperlukan adanya pembelajaran kosakata bahasa Jerman. Berdasarkan hal tersebut peneliti menerapkan metode Bamboo Dancing sebagai metode pengajaran dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman untuk penguasaan kosakata. Dalam metode Bamboo Dancing, siswa dituntut aktif dalam proses pembelajaran. Siswa berdiri saling berhadapan dan menari bersama searah jarum jam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Bamboo Dancing pada pembelajaran kosakata bahasa Jerman di SMA Negeri 9 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas X-2 SMA Negeri 9 Malang tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Bamboo Dancing membuat pembelajaran lebih menarik, efektif, dan efisien. Karena siswa lebih aktif, senang, dan tidak bosan, dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman khususnya Nomen dan Artikel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11958

Actions (login required)

View Item View Item