Penggunaan jejaring sosial Busuu pada matakuliah Deutsch II dalam keterampilan menulis mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Desviari Intan Nurani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan jejaring sosial Busuu pada matakuliah Deutsch II dalam keterampilan menulis mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Desviari Intan Nurani

Nurani, Desviari Intan (2015) Penggunaan jejaring sosial Busuu pada matakuliah Deutsch II dalam keterampilan menulis mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Desviari Intan Nurani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurani Desviari Intan. 2015. Penggunaan Jejaring Sosial Busuu pada Matakuliah Deutsch II dalam Keterampilan Menulis Mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) M. Kharis S.Pd. M.Hum (II) Dra. Rosyidah M.Pd. Kata Kunci Latihan Keterampilan Menulis Jejaring Sosial Busuu Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan jejaring sosial Busuu dan mendeskripsikan hasil penggunaannya untuk keterampilan menulis bahasa Jerman pada matakuliah Deutsch II. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah 16 mahasiswa offering A angkatan 2014 Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang sedangkan datanya berupa hasil karangan tema Reisepl ne dan angket mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa telah aktif menggunakan jejaring sosial Busuu. Sebanyak 14 karangan mahasiswa memiliki isi sesuai dengan tema Reisepl ne sedangkan dua karangan lainnya tidak sesuai tema. Sebanyak 10 dari 14 hasil karangan mahasiswa atau sebesar 75% sudah dikoreksi oleh penutur asli. Pada penilaian Kommunikative Gestaltung analisis hasil karangan menunjukkan bahwa 50% mahasiswa mendapatkan skor 4 (angemessen) dan 50% mahasiswa memperoleh skor 3 (nicht ganz angemessen). Selanjutnya pada penilaian Formale Richtigkeit sebanyak 7% mahasiswa mendapatkan skor 4 (sehr gut) 72% mahasiswa memperoleh skor 3 (gut) dan 21% mahasiswa memperoleh skor 2 (befriedigend). Berdasarkan hasil angket mahasiswa terbantu dan termotivasi untuk berlatih keterampilan menulis melalui jejaring sosial Busuu karena tema materi latihan yang menarik. Selain itu mahasiswa dapat mengenal kosakata baru dan memperdalam pengetahuan struktur bahasa Jerman. Namun terdapat kekurangan dari media ini yakni 1) Busuu membutuhkan jaringan internet yang kuat untuk dapat diakses 2) hasil karangan pada Schreib bungen tidak selalu mendapat koreksi dari para penutur asli 3) model kuis dalam Busuu masih kurang bervariasi dan 4) koreksi dari beberapa penutur asli tidak selalu tepat. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan jejaring sosial Busuu memiliki dampak positif dalam pembelajaran bahasa Jerman. Selain itu media ini dapat diterapkan sebagai sarana belajar mandiri keterampilan menulis mahasiswa di luar kelas. Bagi peneliti selanjutnya penggunaan jejaring sosial ini disarankan tidak hanya digunakan untuk keterampilan menulis saja tetapi juga hendaknya diterapkan pada keterampilan berbahasa Jerman lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11957

Actions (login required)

View Item View Item