Pengembangan media game edukasi s-lernen berbasis android untuk pembelajaran kosakata Bahasa Jerman dalam keterampilan menulis kelas X SMA Negeri 7 Malang / Khofia Ratna Pertiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media game edukasi s-lernen berbasis android untuk pembelajaran kosakata Bahasa Jerman dalam keterampilan menulis kelas X SMA Negeri 7 Malang / Khofia Ratna Pertiwi

Pertiwi, Khofia Ratna (2015) Pengembangan media game edukasi s-lernen berbasis android untuk pembelajaran kosakata Bahasa Jerman dalam keterampilan menulis kelas X SMA Negeri 7 Malang / Khofia Ratna Pertiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pertiwi Khofia Ratna. 2015. Pengembangan Media Game Edukasi S-Lernen (Schulsachen Lernen) Berbasis Android untuk Pembelajaran Kosakata Bahasa Jerman dalam Keterampilan Menulis Kelas X SMA Negeri 7 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) M. Kharis S.Pd M.Hum. (2) Desti N. A. S. S. M. Pd. Kata Kunci Game Edukasi Schulsachen Lernen Android Keterampilan Menulis Tujuan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media berupa game edukasi S-Lernen berbasis Android dalam pembelajaran kosakata untuk keterampilan menulis bahasa Jerman pada tema Schule di kelas X IBBU SMAN 7 Malang.Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan model pengembangan hasil adaptasi dari model desain pengembangan pembelajaran Sugiyono (2012) dan Borg dan Gall(2009).Prosedur yang dilakukan melalui tujuah langkah yang meliputi penelitian dan pengumpulan data desain produk uji validitas revisi desain uji coba lapangan revisi produk produk akhir. Uji coba lapangan dilakukan melalui dua tahap yaitu uji coba kelompok kecil pada lima siswa dan uji coba kelompok besar pada 12 siswa kelas X IBBU. Di dalam media terdapat beberapa game yaitu game word match dan fill in the blank.Game word match berisi tentang permainan mencari benda tersembunyi di dalam ruang kelas sesuai dengan kata yang tertera. Di dalam permainanfill in the blank terdapat kalimat kosong pemain diharuskan mengisi kalimat kosong tersebut dengan mengklik tombol alfabet dan pemain diberikan clue gambar untuk membantu dalam menjawab soal. Hasil analisis menunjukkan tingkat kelayakan produk sebesar 75% yang diperoleh dari angket ahli media dengan demikian media game edukasi S-Lernen termasuk dalam kategori valid dengan revisi. Persentase nilai sebesar 95% menunjukkan bahwa media termasuk dalam kategori valid dengan revisi yang diperoleh dari hasil angket analisis ahli materi. Dalam uji coba kelompok kecil diperoleh hasil dengan persentase 82 89% hal ini menunjukkan bahwa media layak untuk diterapkan pada uji coba skala besar. Uji coba kelompok besar memperoleh persentase sebanyak 83 44% oleh karena itu media layak untuk diterapkan namun terdapat beberapa hal yang masih perlu disempurnakan. Dari keseluruhan hasil analisis tersebut diperoleh rata-rata persentase sebanyak 84 08%. Hal ini menunjukkan bahwa media game edukasi S-Lernen termasuk dalam kategori valid dan layak digunakan untuk pembelajaran kosakata bahasa Jerman dalam keterampilan menulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11956

Actions (login required)

View Item View Item