MEMBANGUN KAPABILITAS BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN FISIKA YANG INTEGRATIF DAN BERMAKNA - Repositori Universitas Negeri Malang

MEMBANGUN KAPABILITAS BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN FISIKA YANG INTEGRATIF DAN BERMAKNA

Yuliati, Lia (2021) MEMBANGUN KAPABILITAS BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN FISIKA YANG INTEGRATIF DAN BERMAKNA. Working Paper. Universitas Negeri Malang (UM).

[img] Text
fullteks 4.pdf

Download (20MB)

Abstract

Setiap ilmu memiliki karakteristik yang membedakannya dengan ilmu lainnya. Karakteristik ini biasanya ditandai dari cara ilmu tersebut ditemukan pada awal mulanya. Ilmu Fisika ditemukan dengan caranya yang khas dan mengikuti berbagai langkah dalam metode ilmiah yang dilakukan pada ilmuwan Fisika. Sementara itu, siswa di sekolah merupakan calon ilmuwan bahkan dapat disebut juga sebagai “ilmuwan kecil”. Seorang ilmuwan kecil akan menjadi ilmuwan besar jika dia juga belajar dengan cara-cara ilmuwa bekerja dan menemukan ilmu. Kata fisika sendiri diambil dari kata ‘physic’ yang artinya alam. Alam yang dimaksud disini adalah berbagai gejala dan sifat fisik suatu benda. Fisika mempelajari sifat dasar dari suatu benda, seperti: gerak,gaya, energi, zat, panas, bunyi, cahaya, struktur atom dan lain sebagainya.Hal-hal tersebut dapat kita temui di kehidupan sehari-hari sehinggasebagian orang menganggap bahwa fisika merupakan ilmu yang sangatdekat dengan kehidupan. Fisika mendasari perkembangan teknologi maju dan konsep hidup harmonis dengan alam. Pada proses penemuan ilmu Fisika terdapat beberapa tahapan dalam mempelajari fenomena alam yangterjadi yang diantaranya kegiatan mengamati, mengukur, menganalisis hasil pengkuran, dan menarik sebuah kesimpulan. Hal tersebut menyebabkan dalam menemukan sebuah penemuan di dalam fisika membutuhkan waktu yang relatif panjang, namun tentunya dengan hasil yang akurat dan dapat dibuktikan.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Pidato Guru Besar
Depositing User: Library UM
Date Deposited: 23 Sep 2021 04:42
Last Modified: 27 Apr 2022 02:14
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1195

Actions (login required)

View Item View Item