Strategi menyimak mahasiswa pProgram Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang pada matakuliah Deutsch IV / Nur Fitri Diyastitin - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi menyimak mahasiswa pProgram Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang pada matakuliah Deutsch IV / Nur Fitri Diyastitin

Diyastitin, Nur Fitri (2015) Strategi menyimak mahasiswa pProgram Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang pada matakuliah Deutsch IV / Nur Fitri Diyastitin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Diyastitin Nur Fitri. 2015. Strategi Menyimak Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang pada Matakuliah Deutsch IV. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Rizman Usman M.Pd. (II) Deddy Kurniawan S.Pd. M.A. Kata Kunci menyimak strategi menyimak Deutsch IV Menyimak merupakan keterampilan berbahasa yang paling penting karena menyimak merupakan dasar bagi pembelajaran bahasa. Menyimak juga termasuk ke dalam keterampilan yang sulit terutama dalam mempelajari bahasa asing. Salah satu kesulitan dalam menyimak adalah pembelajar tidak mampu mengikuti kecepatan teks yang diperdengarkan. Kesulitan tersebut juga dialami oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman ketika menyimak teks bahasa Jerman pada matakuliah Deutsch IV. Untuk mengatasi kesulitan tersebut mahasiswa menggunakan berbagai macam strategi menyimak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi menyimak yang digunakan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman pada matakuliah Deustch IV. Secara khusus tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi sebelum selama dan setelah menyimak yang digunakan oleh mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data primer dalam penelitian ini adalah informasi mengenai strategi menyimak yang digunakan oleh mahasiswa. Sumber data tersebut adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Angkatan 2013 offering B. Data tersebut diambil menggunakan teknik wawancara. Selanjutnya data sekunder dalam penelitian ini adalah aktivitas menyimak mahasiswa yang diperoleh dari kegiatan pembelajaran menyimak pada matakuliah Deutsch IV. Data tersebut diambil menggunakan teknik observasi. Kedua data tersebut juga didukung oleh foto-foto hasil dokumentasi mengenai aktivitas mahasiswa dalam proses pembelajaran menyimak. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai instrumen kunci sedangkan instrumen penunjangnya berupa pedoman wawancara lembar observasi dan kamera. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menggunakan strategi menyimak yang bervariasi. Strategi sebelum selama dan setelah menyimak yang digunakan oleh mahasiswa tergolong ke dalam strategi langsung dan tidak langsung. Strategi langsung merupakan strategi yang berkaitan secara langsung dengan materi menyimak seperti membaca dan memahami soal sebelum teks menyimak diperdengarkan. Strategi tidak langsung merupakan strategi yang berkaitan dengan sikap dan perilaku mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran menyimak seperti berdoa sebelum dan setelah menyimak. Hal ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran menyimak mahasiswa tidak hanya mengutamakan aspek kognitifnya saja melainkan mereka juga memperhatikan aspek afektif yang berkaitan dengan kegiatan spiritual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11948

Actions (login required)

View Item View Item