Peran Perpustakaan Jurusan Sastra Jerman bagi mahasiswa Jerman Universitas Negeri Malang / Adhim Prasastyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran Perpustakaan Jurusan Sastra Jerman bagi mahasiswa Jerman Universitas Negeri Malang / Adhim Prasastyo

Prasastyo, Adhim (2015) Peran Perpustakaan Jurusan Sastra Jerman bagi mahasiswa Jerman Universitas Negeri Malang / Adhim Prasastyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prasastyo Adhim. 2014. Peran Perpustakaan Jurusan Sastra Jerman Bagi Mahasiswa Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakutas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Iwa Sobara S.Pd M.A. (II) M. Kharis S.Pd M.Hum. Kata kunci Perpustakaan Jurusan Sastra Jerman Peran perpustakaan Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penggunaan perpustakaan Jurusan Sastra Jerman oleh mahasiswa sastra Jerman Universitas Negeri Malang dan (2) untuk mendeskripsikan peran perpustakaan Jurusan Sastra Jerman. Rancangan penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Sastra Jerman. Data diperoleh melalui wawancara angket dokumentasi dan observasi. Data utama adalah dari hasil wawancara yang dilakukan kepada informan dan hasil angket yang disebar kepada mahasiswa. Sementara itu data tambahan diperoleh dari dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran perpustakaan Jurusan Sastra Jerman sangat menunjang terhadap proses belajar mengajar bahasa Jerman karena ketersediaan buku-buku kebahasaan Jerman lebih mudah didapatkan di perpustakaan Jurusan Sastra Jerman dibandingkan dengan perpustakaan Fakultas Sastra maupun perpustakaan Universitas. Akan tetapi dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat adanya hambatan yaitu tidak diperbolehkannya program studi atau jurusan untuk memiliki perpustakaan sendiri. Oleh karena itu disarankan untuk UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang memberikan izin bagi setiap jurusan untuk mendirikan perpustakaan. Hal ini disebabkan kebutuhan mahasiswa dalam hal mencari referensi sebagai sumber belajar di setiap jurusan berbeda-beda dan belum tentu dapat ditemukan di perpustakaan universitas maupun perpustakaan fakultas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11946

Actions (login required)

View Item View Item