Kesalahan penggunaan kata sandang (artikel) pada karangan siswa kelas XI SMA Negeri 5 Malang / Yajril Hasany - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesalahan penggunaan kata sandang (artikel) pada karangan siswa kelas XI SMA Negeri 5 Malang / Yajril Hasany

Hasany, Yajril (2015) Kesalahan penggunaan kata sandang (artikel) pada karangan siswa kelas XI SMA Negeri 5 Malang / Yajril Hasany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasany Yajril. 2014. Kesalahan Penggunaan Kata Sandang (Artikel) pada Karangan Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakutas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dewi Kartika Ardiyani S. Pd M. Pd. (II) Edy Hidayat S.Pd M.Hum. Kata kunci kesalahan kata benda (Nomen) kata sandang (Artikel) karangan siswa Kesalahan dalam belajar bahasa terlebih bahasa asing tidak dapat dihindari sepenuhnya. Oleh karena itu para pakar bahasa berpendapat bahwa kesalahan merupakan sebuah bagian dari proses pembelajaran atau pemerolehan bahasa kedua. Salah satunya adalah kesalahan penggunaan Artikel. Kesalahan dalam penggunan Artikel banyak ditemukan di kelas XI Accseleration Malang merupakan siswa pilihan yang bahasa Jermannya dipersiapkan untuk mengikuti test Start Deutsh 2 (Stufe A2) sedangkan dalam level A2 kesalahan penggunaan Artikel seharusnya dapat dihindari. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan Artikel dalam karangan siswa dan mengetahui faktor yang mempengaruhi kesalahan tersebut. Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data berupa karangan siswa. Adapun data dalam penelitian ini berupa kesalahan penggunaan Artikel dalam kalimat dan hasil angket siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat variasi bentuk kesalahan penggunaan Artikel pada karangan siswa. Kesalahan tersebut terdiri atas kesalahan deklinasi Bestimter Artikel dan kesalahan deklinasi Unbestimter Artikel. Pada kesalahan deklinasi Bestimter Artikel terdapat dua bentuk kesalahan yang meliputi (a) kesalahan deklinasi Bestimter Artikel dalam kasus Akkusativ dan (b) kesalahan deklinasi Bestimter Artikel dalam kasus Dativ. Lain halnya dengan kesalahan deklinasi Unbestimter Artikel yang ditemukan dalam penggunaan Possessivpronomen yang terdiri atas kasus (a) Nominativ Maskulinum (b) Nominativ Feminimum dan (c) Dativ Maskulinum. Adapun faktor yang menyebabkan kesalahan penggunaan Artikel pada karangan siswa yaitu 12288 12288 12288 12288 (1) rata-rata siswa sering mengalami kesulitan dalam mendeklinasikan Artikel bahasa Jerman (2) semua siswa kelas XI Akselerasi berdiskusi dengan teman ketika mengalami kesulitan dalam mendeklinasikan Artikel (3) sebagian kecil siswa mengulangi kembali tentang materi Artikel di rumah. Oleh karena itu disarankan kepada guru bahasa Jerman untuk menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi dalam pembelajaran Artikel. Bagi siswa disarankan agar lebih giat berlatih menulis karangan dalam bahasa Jerman agar lebih menguasai materi tentang Artikel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11945

Actions (login required)

View Item View Item