Persepsi guru bahasa Jerman SMA Negeri se-kota Malang terhadap implementasi kurikulum 2013 / Warda Lona - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru bahasa Jerman SMA Negeri se-kota Malang terhadap implementasi kurikulum 2013 / Warda Lona

Lona, Warda (2014) Persepsi guru bahasa Jerman SMA Negeri se-kota Malang terhadap implementasi kurikulum 2013 / Warda Lona. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lona Warda. 2014. Persepsi Guru Bahasa Jerman SMA Negeri se-Kota Malang terhadap Implementasi Kurikulum 2013. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Primardiana H.W. M.Pd. (II) Desti Nur Aini S.S. M.Pd. Kata kunci persepsi Kurikulum 2013 pengembangan RPP penerapan RPP dalam pembelajaran 12288 12288 12288 12288 Kurikulum 2013 diterapkan sejak bulan Juni tahun 2013. Pembuatan silabus Kurikulum 2013 merupakan kewenangan pemerintah pusat. Oleh karena itu guru memiliki waktu lebih banyak dalam mengembangkan RPP. Adanya ketidakjelasan informasi mengenai pengembangan silabus ke dalam RPP membuat guru mengalami kesulitan. Kondisi tersebut mempengaruhi persepsi guru terhadap implementasi Kurikulum 2013. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru bahasa Jerman SMA Negeri se-kota Malang terhadap implementasi Kurikulum 2013 yang ditinjau dari pengembangan RPP dan penerapan RPP dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa Jerman SMA Negeri se-kota Malang sebanyak 8 orang guru sedangkan data diperoleh dari wawancara observasi dan dokumentasi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru bahasa Jerman terhadap implementasi Kurikulum 2013 terbagi menjadi dua yaitu persepsi positif dan persepsi negatif. Persepsi positif guru dipengaruhi konsep memberdayakan peserta didik dalam pembelajaran dan adanya kelas Lintas Minat yang diimplementasikan di sekolah. Sebaliknya masalah yang timbul akibat implementasi Kurikulum 2013 seperti adanya pengurangan jam mata pelajaran bahasa Jerman di sekolah ketidakjelasan informasi dalam pengembangan RPP dan kekurangpahaman guru dalam penerapannya menyebabkan guru memiliki persepsi yang negatif terhadap implementasi Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11942

Actions (login required)

View Item View Item