Penerapan film kartun "Masha and the Bear" untuk pembelajaran konjugasi kata kerja pada pembelajaran bahasa Jerman kelas X SMAN 1 Tumpang / Puspita Wahyuning Gusti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan film kartun "Masha and the Bear" untuk pembelajaran konjugasi kata kerja pada pembelajaran bahasa Jerman kelas X SMAN 1 Tumpang / Puspita Wahyuning Gusti

Gusti, Puspita Wahyuning (2014) Penerapan film kartun "Masha and the Bear" untuk pembelajaran konjugasi kata kerja pada pembelajaran bahasa Jerman kelas X SMAN 1 Tumpang / Puspita Wahyuning Gusti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gusti Puspita Wahyuning. 2014. Penerapan Film Kartun Masha and The Bear Untuk Pembelajaran Konjugasi Kata Kerja Pada Pembelajaran Bahasa Jerman Kelas X SMAN 1 Tumpang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negri Malang. Pembimbing (1) Dudy Syafruddin S.S M.A. (II) Desti Nur Aini S.S M.Pd. Kata Kunci film kartun Masha and The Bear konjugasi pembelajaran bahasa Jerman. 12288 12288 12288 12288 Konjugasi adalah salah satu tata bahasa Jerman yang harus dipelajari di tingkat SMA. SMAN 1 Tumpang adalah salah satu SMA di Kabupaten Malang yang mengajarkan bahasa Jerman. Pada pembelajaran bahasa Jerman yang meliputi empat keterampilan berbahasa yaitu membaca menulis menyimak dan berbicara konjugasi menjadi aspek penting yang harus dikuasai pembelajar. Film kartun dipilih untuk diterapkan sebagai media pada pembelajaran konjugasi sehingga dapat menarik minat siswa pada proses pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan film kartun Masha and The Bear dan hasil penerapannya pada pembelajaran konjugasi kata kerja bahasa Jerman. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMAN 1 Tumpang sebanyak 29 orang. Data yang diambil berupa lembar observasi tes dan angket. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukan bahwa film kartun Masha and The Bear dapat diterapkan untuk pembelajaran konjugasi kata kerja bahasa Jerman. Dari hasil kegiatan observasi dapat diketahui proses pembelajaran dengan penerapan film kartun dapat berjalan dengan baik. Selain itu film kartun berfungsi sebagai media perantara yang dapat menarik minat siswa dalam pembelajaran sebelum mengerjakan tes konjugasi kata kerja Bahasa Jerman. Hasil penerapan film kartun Masha and The Bear ditunjukan dengan 66% dari keseluruhan siswa telah memenuhi standar ketuntasan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa film kartun Masha and The Bear dapat diterapkan dengan baik pada pembelajaran konjugasi kata kerja bahasa Jerman dan berpengaruh positif pada saat proses pembelajaran sehingga tercapai tujuan pembelajaran. Selain itu media ini juga dapat memudahkan guru dalam meyampaiankan materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11936

Actions (login required)

View Item View Item