Penerapan pembelajaran cerita bergambar pada kemampuan membaca dalam mata pelajaran bahasa Jerman untuk siswa kelas XI KBAS di SMAN 8 Malang / Annessia Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran cerita bergambar pada kemampuan membaca dalam mata pelajaran bahasa Jerman untuk siswa kelas XI KBAS di SMAN 8 Malang / Annessia Permatasari

Permatasari, Annessia (2014) Penerapan pembelajaran cerita bergambar pada kemampuan membaca dalam mata pelajaran bahasa Jerman untuk siswa kelas XI KBAS di SMAN 8 Malang / Annessia Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permatasari Annessia. 2014. Penerapan Pembelajaran Cerita Bergambar Pada Kemampuan Membaca Dalam Mata Pelajaran Bahasa Jerman Untuk Siswa Kelas XI KBAS di SMAN 8 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Desti Nur Aini S.S M.Pd. (2) Dudy Syafruddin S.S M.A. Kata Kunci Cerita Bergambar Kemampuan Membaca Bahasa Jerman Bahasa Jerman merupakan salah satu bahasa asing yang diajarkan pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah sebagai salah satu mata pelajaran di kelas peminatan bahasa. Keberadaan Bahasa Jerman disekolah ditentukan oleh kebijakan kepala sekolah serta minat peserta didik untuk memilih Bahasa Jerman. Untuk meningkatkan minat peserta didik mempelajari Bahasa Jerman perlu dilakukan upaya pengembangan pembelajaran Bahasa Jerman yang menantang sekaligus menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran cerita bergambar dan (2) mendeskripsikan hasil belajar penerapan pembelajaran cerita bergambar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 16 orang siswa yang ada di kelas XI Keterampilan Bahasa Asing (KBAS). Data dikumpulkan melalui observasi angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Jerman berjalan dengan baik. Keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang diajukan siswa lain dikategorikan cukup. Hasil belajar yang dicapai oleh siswa yaitu kemampuan membaca 81 25% memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hanya sebanyak 18 75 % masih dibawah KKM. Selain itu siswa menyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan cerita bergambar adalah menarik dan memberikan manfaat metode ini memudahkan mereka untuk belajar Bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11935

Actions (login required)

View Item View Item