Studi kasus gaya belajar kinestetik anak TK Muslimat NU 9 Ahmad Yani / Siska Maria Natalia

Natalia, Siska Maria (2019) Studi kasus gaya belajar kinestetik anak TK Muslimat NU 9 Ahmad Yani / Siska Maria Natalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Natalia, Siska Maria. 2019. Gaya Belajar Kinestetik Anak TK Muslimat NU Ahmad Yani. Skripsi Prodi S1 – Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Ahmad Samawi, M.Hum., (II) Wuri Astuti, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: gaya belajar kinestetik, karakteristik anak Gaya belajar kinestetik memperoleh informasi berdasarkan apa yang dilakukan langsung melalui sentuhan dan praktik. Anak dengan gaya belajar kinestetik memerlukan kesempatan belajar dalam mengenal lingkungan secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses belajar anak dengan gaya belajar kinestetik. Hal ini ditinjau dari proses belajar dan bermain yang dilakukan anak dengan gaya belajar kinestetik. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan hasil dokumentasi . Teknik analisis data yang peneliti gunakan berdasarkan tiga prosedur penelitian Miles & Huberman, yaitu: kondensasi data, tampilan data, dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik bermain dan belajar anak FEV sangat menyukai belajar melalui sentuhan. Karakteristik lain yang muncul seperti suka memanipulasi barang, banyak bergerak, tidak bisa duduk diam terlalu lama, cara berbicara perlahan, mendekat ketika berbicara, menggunakan jari telunjuk untuk membaca, dan menyukai permainan yang menyibukkan. Anak FEV tidak tertarik belajar dengan metode ceramah. Kelebihan yang dimiliki anak FEV mempunyai rasa percaya diri dan perkembangan kognitif yang sangat baik. Hambatan yang dialami FEV tidak bisa duduk diam terlalu lama dan fokus pada tujuan belajar karena mudah terganggu oleh suara-suara atau benda di sekitar. Karakteristik anak dengan gaya belajar kinestetik menyukai kegiatan bermain secara langsung. Anak FEV mudah beradaptasi dengan lingkungan dan kurang bisa duduk diam terlalu lama. Pendidik dan orangtua anak dengan gaya belajar kinestetik diharapkan dapat memberikan fasilitas belajar yang menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119349

Actions (login required)

View Item View Item