Pengaruh model pembelajaran proyek terhadap kemampuan bersosialisasi anak usia 5-6 tahun di TK PGRI 01 Malang / Fanilasari Catur Murdianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran proyek terhadap kemampuan bersosialisasi anak usia 5-6 tahun di TK PGRI 01 Malang / Fanilasari Catur Murdianti

Murdianti, Fanilasari Catur (2019) Pengaruh model pembelajaran proyek terhadap kemampuan bersosialisasi anak usia 5-6 tahun di TK PGRI 01 Malang / Fanilasari Catur Murdianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Murdianti Fanilasari Catur. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Proyek Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Anak Usia 5-6 Tahun Di TK PGRI 01. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ahmad Samawi M.Hum. (II) Wuri Astuti M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Proyek Kemampuan Bersosialisasi Anak Anak Usia Dini Persoalan yang sering terjadi dalam Taman Kanak-kanak (TK) yaitu bagaimana guru merencanakan mengatur serta bertindak dalam pembelajaran agar anak dapat mengeksplorasi kemampuan diri dalam anak. Pada lembaga ini menerapkan atau mengajarkan pembelajaran melalui pembelajaran dengan bentuk klasikal dimana anak mengerjakan satu pekerjaan yang sama meskipun tata cara duduk mereka berkelompok tetapi anak hanya fokus kepada pekerjaan masing-masing. Pembelajaran seperti ini membuat anak fokus kepada intruksi guru dan pekerjaan masing-masing dengan kata lain pembelajaran masih berpusat pada guru. Pada anak usia dini pembelajaran seharusnya dilakukan melalui kegiatan yang menarik dan menyenangkan sehingga nilai bermain seraya belajar ini bisa dikembangkan di dalam pendidikan anak usia dini terlebih dalam kegiatan yang mampu menstimulasi aspek-aspek perkembangan yang seharusnya didapat oleh anak. Penelitian ini menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen dan perlakuan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran proyek terhadap kemampuan bersosialisasi anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan model penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan penelitian jenis Pre-Experimental Design. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One group Pretest-Posttest Design. Penelitian yang menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen dan perlakuan. Perhitungan pretest sebelum pembelajaran diberikan diperoleh data nilai rata-rata pretest berkenaan dengan kerjasama komunikasi dan rasa peduli adalah sebesar 4 3. Kemudian setelah dilakukannya perlakuan berupa pembelajaran proyek berdasarkan nilai posttest dari nilai kerjasama komunikasi dan rasa peduli anak mengalami peningkatan menjadi 10 07. Berdasarkan hasil perhitungan nilai rata-rata pretest dan posttest yang diperoleh diketahui bahwa terjadi peningkatan pada penguasaan terhadap kerjasama komunikasi dan rasa peduli sebelum dan sesudah diberi perlakuan terdapat selisih poin sebesar 5 77. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran proyek memiliki pengaruh terhadap bersosialisasi anak khususnya pada kerjasama komunikasi dan rasa peduli anak di TK PGRI 01 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119347

Actions (login required)

View Item View Item