Penerapan model pembelajaran Word Square Upgrade dalam matapelajaran bahasa Jerman untuk keterampilan berbicara siswa kelas XI SMAN 6 Malang / Juvita Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Word Square Upgrade dalam matapelajaran bahasa Jerman untuk keterampilan berbicara siswa kelas XI SMAN 6 Malang / Juvita Ramadhani

Ramadhani, Juvita (2014) Penerapan model pembelajaran Word Square Upgrade dalam matapelajaran bahasa Jerman untuk keterampilan berbicara siswa kelas XI SMAN 6 Malang / Juvita Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ramadhani Juvita. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Word Square Upgrade dalam Mata pelajaran bahasa Jerman untuk Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI SMAN 6 Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Iwa Sobara S.Pd. M.A. (II) Dudi Syafrudin S.S. M.A. Kata Kunci Pembelajaran Bahasa Jerman Word Square Upgrade 12288 12288 12288 12288 Pada dasarnya keterampilan berbahasa yang diajarkan di sekolah meliputi empat aspek. Aspek tersebut yaitu aspek membaca mendengar berbicara dan menulis. Namun hasil observasi di SMAN 6 Malang menunjukkan bahwa aspek membaca lah yang lebih diutamakan. Padahal semua keterampilan berbahasa sangatlah penting terutama berbicara. Berbicara merupakan awal terciptanya komunikasi dan interaksi. Untuk menciptakan suatu pembelajaran yang aktif dan interaktif dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan interaktif pula. Oleh sebab itu dipilihlah word square upgrade yang merupakan salah satu model pembelajaran aktif dan interaktif untuk melatih keterampilan berbicara siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang. Word square upgrade merupakan kumpulan kata dalam kotak yang harus dicari menggunakan bantuan pertanyaan. Setelah semua kata berhasil ditemukan siswa merangkaikannya dalam suatu kalimat. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran word square upgrade dalam mata pelajaran bahasa Jerman untuk keterampilan berbicara. Sumber data dalam penetitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 sebanyak 28 orang. Data diambil dari hasil dokumentasi berupa hasil pekerjaan siswa yang dinilai oleh peneliti hasil kuesioner dan hasil observasi peneliti di lapangan selama penelitian berlangsung. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai pengajar dan observer. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran word square upgrade merupakan model pembelajaran yang interaktif. Siswa menunjukkan ketertarikannya pada model pembelajaran ini. Model pembelajaran ini dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran menyusun kalimat dengan baik dan menjadikan siswa lebih berkonsentrasi dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11934

Actions (login required)

View Item View Item