Peningkatan kemampuan pra-membaca melalui permainan mading show di kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan 10 Kedungpedaringan Kepanjen Malang / Nurul Wildatir Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan pra-membaca melalui permainan mading show di kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan 10 Kedungpedaringan Kepanjen Malang / Nurul Wildatir Rohmah

Rohmah, Nurul Wildatir (2019) Peningkatan kemampuan pra-membaca melalui permainan mading show di kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan 10 Kedungpedaringan Kepanjen Malang / Nurul Wildatir Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rohmah Nurul Wilda. 2019. Peningkatan Kemampuan Pra-Membaca melalui Permainan Mading Show di Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan 10 Kedungpedaringan Kepanjen Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Sutama M.Pd. (II) Evania Yafie S.Pd. M.Pd. Kata Kunci kemampuan pra-membaca permainan mading show kelompok B. Perkembangan bahasa khususnya kemampuan pra-membaca memiliki peran penting untuk dikembangkan secara optimal. Hal ini ditinjau dari kemampuan anak dalam menyebutkan suara huruf awal yang didapatkan merangkai huruf menjadi kata sesuai dengan gambar dan menghubungkan gambar dengan kata yang melambangkannya. Kemampuan pra-membaca ini dapat distimulasi sesuai dengan tahap atau tingkat pencapaian perkembangan anak dengan menggunakan permainan mading show. Melalui permainan tersebut kemampuan pra-membaca anak mengalami peningkatan karena pembelajaran yang dilakukan melibatkan partisipasi anak untuk turut aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan permainan mading show pada kelompok B untuk meningkatkan kemampuan pra-membaca mudah digunakan baik oleh anak maupun guru. Hal tersebut dilihat ketika anak dapat melakukan langkah permainan dan mencapai indikator yang dirancang dengan sangat baik. Penerapan permainan tersebut dari pra-tindakan sampai siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Hasil tersebut meningkat sebesar 32 85%. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan 2 pertemuan setiap siklusnya. Model penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Tanggart yang terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Lembar observasi tersebut terdiri dari lembar observasi penilaian data peningkatan kemampuan pra-membaca catatan lapangan wawancara serta tindak pembelajaran guru. Data yang terdapat pada dokumentasi tersebut berupa RPPH daftar nama anak dan foto-foto kegiatan pembelajaran. Penerapan permainan mading show terdapat 9 langkah permainan yang bertujuan untuk mencapai semua indikator yang telah dirancang sebelumnya. Salah satu langkah tersebut yaitu ketika anak dapat menyebutkan suara huruf awal pada benda yang didapatkan dengan mengambil lotre dan membacakan huruf yang ada didalamnya. Permainan mading show dapat meningkatkan kemampuan pra-membaca pada anak kelompok B mudah digunakan baik oleh guru maupun anak. Guru disarankan dapat mengembangkan langkah-langkah permainan mading show secara kreatif dan bervariasi. Peneliti lain disarankan untuk memperbaiki kekurangan pada penelitian ini sehingga hasil penelitian yang didapatkan akan lebih optimal dan maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119335

Actions (login required)

View Item View Item