Efektivitas permainan sirkuit pelangi dalam pembelajaran motorik kasar untuk kelompok B di TK Al Fathimiyah Junrejo Kota Batu / Azahro Latifah

Latifah, Azahro (2019) Efektivitas permainan sirkuit pelangi dalam pembelajaran motorik kasar untuk kelompok B di TK Al Fathimiyah Junrejo Kota Batu / Azahro Latifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Latifah, Azahro. 2019. Efektivitas Permainan Sirkuit Pelangi dalam Pembelajaran Motorik Kasar untuk Kelompok B di TK Al Fathimiyah Junrejo Kota Batu. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Retno Tri Wulandari, S.Pd., M.Pd, (2) Wuri Astuti, S.Pd, M.Pd Kata kunci: Efektivitas, Permainan Sirkuit Pelangi, Pembelajaran Motorik Kasar Kegiatan pembelajaran motorik kasar untuk kelompok B di TK Al Fathimiyah Junrejo Kota Batu menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran masih kurang optimal, dimana pada pembelajarannya hanya mengembangkan salah satu aspek kemampuan motorik dan masih kurangnya peralatan atau media yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak. Oleh sebab itu, peneliti memberikan solusi melalui sebuah permainan. Permainan yang akan peneliti gunakan dalam pembelajaran motorik kasar anak kelompok B adalah permainan sirkuit pelangi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas permainan sirkuit pelangi dalam pembelajaran fisik motorik kasar anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan spesifikasi penelitian menggunakan metode penelitian quasi experiment (eksperimen semu) yang bertujuan untuk mengetahui hubungan sebab akibat antara dua faktor yang ditimbulkan dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan desain kelompok tunggal dengan pretes dan postes. Subjek dalam desain ini akan mendapatkan perlakuan (treatment) berupa permainan sirkuit pelangi. Peneliti akan memberikan pretes (O1) terlebih dahulu sebelum anak mendapatkan perlakuan dan sebagai kegiatan pengukuran awal. Kemudian akan diberikan perlakuan (X) berupa permainan sirkuit pelangi. Setelah itu, pada akan dilakukan pengukuran setelah pemberian perlakuan atau disebut sebagai postes (O2) Hasil dari analisis hipotesis dengan menggunakan uji t didapatkan hasil bahwa ada selisih derajat perbedaan sebesar 5,88502. Pengujian kebenaran dibuktikan dengan menggunakan t tabel dengan taraf signifikansi sebesar 5% dan 1 %. Berdasarkan hasil pengujian tersebut didapatkan hasil berupa nilai t hitung > nilai t tabel, sehingga berdasarkan hipotesis nihil (Ho) yang diajukan ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan sirkuit pelangi efektif dilakukan dalam pembelajaran motorik kasar anak kelompok B. Permainan sirkuit pelangi ini diharapkan dapat diterapkan oleh para pendidik Pendidikan Anak Usia Dini yang lainnya dengan mengembangkan media sesuai inovasi dan kebutuhan. Peneliti lain diharapkan mampu untuk memodifikasi permainan agar bisa digunakan secara fleksibel dan tidak bergantung pada besarnya ruang bermain serta alat dan bahan yang digunakan lebih kokoh dan tahan lama dalam jangka waktu yang panjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119330

Actions (login required)

View Item View Item