Penerapan media pembelajaran berbasis lagu dalam pembelajaran karya sastra kurikulum 2013 siswa kelas X Bahasa SMAN 1 Lawang / Felisitus Angelino Jehabur - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media pembelajaran berbasis lagu dalam pembelajaran karya sastra kurikulum 2013 siswa kelas X Bahasa SMAN 1 Lawang / Felisitus Angelino Jehabur

Jehabur, Felisitus Angelino (2014) Penerapan media pembelajaran berbasis lagu dalam pembelajaran karya sastra kurikulum 2013 siswa kelas X Bahasa SMAN 1 Lawang / Felisitus Angelino Jehabur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jehabur Felisitus Angelino. 2014. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Lagu dalam Pembelajaran Karya Sastra Kurikulum 2013 Siswa Kelas X Bahasa SMAN 1 Lawang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dudy Syafruddin S.S M.A (2) Dr. Primardiana H.W. M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran berbasis lagu pembelajaran karya sastra puisi Akrostichon. Pembelajaran karya sastra merupakan pembelajaran baru yang tercantum dalam Kurikulum 2013. Dalam penelitian ini pembelajaran karya sastra dilaksanakan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis lagu. Media tersebut merupakan salah satu alternatif media pembelajaran karya sastra dalam implementasi Kurikulum 2013. Media pembelajaran tersebut digunakan sebagai stimulus untuk memotivasi siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Dengan diterapkannya pembelajaran karya sastra dengan menggunakan media lagu maka Kompetensi Dasar 3.4 dan 4.4 yang tersaji dalam Silabus Bahasa Jerman Kelas X telah tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media pembelajaran berbasis lagu dalam pembelajaran karya sastra Kurikulum 2013 siswa kelas X Bahasa SMAN 1 Lawang sekaligus mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan media pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Bahasa SMAN 1 Lawang yang sekaligus menjadi sampel. Data dikumpulkan menggunakan instrumen pedoman observasi angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran berbasis lagu dapat berjalan dengan baik dan siswa dapat membuat sebuah karya sastra yaitu puisi dengan baik. Media pembelajaran berbasis lagu memiliki beberapa kelebihan yang membuat pembelajaran karya sastra menjadi lebih mudah dipahami siswa dan suasana belajar menjadi lebih menyenangkan. Di samping beberapa kelebihan yang dimiliki terdapat juga kekurangan dalam media ini yaitu sifatnya yang hanya satu arah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11933

Actions (login required)

View Item View Item