Azizah, Devi Lailatul (2019) Hubungan antara tingkat kedemokratisan pola asuh orang tua dan kedisiplinan anak kelompok B di RA Muslimat NU 25 Kota Malang / Devi Lailatul Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Azizah Devi Lailatul. 2019. Hubungan Antara Tingkat Kedemokratisan Pola Asuh Orang Tua dan Kedisiplinan Anak Kelompok B di RA Muslimat NU 25 Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. I Wayan Sutama M.Pd (II) Rosyi Damayani Twinsari Maningtyas M.Pd. Kata Kunci Pola Asuh Kedisiplinan Anak Kelompok B. Kedisiplinan pada anak usia dini merupakan salah satu karakter yang cukup penting untuk dikembangkan. Sikap kedisiplinan diperlukan agar anak nantinya dapat mentaati peraturan tata tertib norma yang berlaku di sekitar serta sebagai pengendali perilaku anak. Penerapan pembiasaan dan pola asuh dari orang tua diperlukan agar kedisiplinan anak dapat berkembang dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara tingkat kedemokratisan pola asuh orang tua dan kedisiplinan anak kelompok B di RA Muslimat NU 25 Kota Malang. Rancangan penelitian ini bersifat korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Statistik yang digunakan yaitu statistik deskriptif karena bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara tingkat kedemokratisan pola asuh orang tua dan kedisiplinan anak. Pengumpulan data menggunakan angket dan sampel penelitian ini menggunakan teknik total sampling yang terdiri dari 30 responden. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 93 4% orang tua anak kelompok B di RA Muslimat NU 25 Kota Malang menerapkan pola asuh yang sangat demokratis kepada anak sedangkan kedisiplinan anak kelompok B di RA Muslimat NU 25 Kota Malang 46 7% dengan kategori sangat disiplin. Pada penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara tingkat kedemokratisan pola asuh orang tua dan kedisiplinan anak sebesar 29 8%. Sisanya 70 2% dipengaruhi oleh faktor lain selain pola asuh demokratis seperti pendidikan orang tua dan jumlah balita dalam sebuah keluarga. Saran bagi peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian terkait dengan variabel bebas yang sama dengan memperbanyak sampel penelitian sehingga memperoleh hasil penelitian yang lebih kuat dan akurat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/119329 |
Actions (login required)
View Item |