Peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan finger painting kelompok B di TA RA Fathul Ulum 02 Jatisari / Rizka Masruroh

Masruroh, Rizka (2019) Peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan finger painting kelompok B di TA RA Fathul Ulum 02 Jatisari / Rizka Masruroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Masruroh, Rizka. 2019. Peningkatan KreativitasAnakMelaluiKegiatan Finger Painting Kelompok B di RA FathulUlum 02 Jatisari. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. UsepKustiawan, M.Sn. (II) Suryadi, S.Sn.,M.Pd. Kata Kunci:Kreativitas, KegiatanFinger Painting, Kelompok B Kreativitas merupakan kemampuan untuk melahirkan sesuatu yang baru berupa karya nyata berdasarkan tingkat pencapaian perkembangan. Anak usia 5-6 tahun dapat mengenal menggambar dan melukis dengan berbagai macam objek, membuat karya sepeti bentuk yang nyata, bereksplorasi melalui berbagai media, dan mengkombinasikan warna. Latar belakang yang menjadi dasar pelaksanaan penelitian adalah rendahnya kemampuan kreativitas anak. Terbukti dari hasil observasi terdapat12 anak dari17 anak yang memiliki permasalahan dalam kreativitas. Hal tersebut diduga karena media yang kurang menarik minat anak, guru selalu memberi intruksi warna, dan anak tidak diberi kebebasan dalam menumbuhkan ide kreativitas. Proses pembelajaran tersebut berdampak negatif yaitu rendahnya kemampuan kreativitas pada anak. Kegiatan finger painting mempunyai tujuan untuk meningkatkan kreativitas anak. Kegiatan tersebut bertujuan dalam pembelajaran, yaitu 1. sarana media untuk mengungkapkan daya imajinasi, 2. mengembangkan kemampuan bernilai estetis melalui sebuah karya, 3. meluweskan jari dan koordinasi antara mata dan tangan karena anak terlibat aktif dengan melukis secara langsung tanpa adanya alat. Tujan tersebut sesuai dengan kebutuhan permasalah yang ditemukan pada anak kelompo B di RA Fathul Ulum 02 Jatisari. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemis dan Taggart dari siklus satu ke siklus selanjutnya, dengan analisis pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di RA Fathul Ulum 02 Jatisari. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Tahapan dalam penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian yang dilakukan melalui kegiatan finger painting, terjadi peningkatan, yaitu sebelumnya pada pratindakan ketercapaian kelas sebesar 30%, pada siklus I ketercapaian kelas sebesar 47%, dan pada siklus II sebesar 78%. Pemaparan tersebut menunjukan bahwa nilai ketercapaian sudah berhasil. Sesuai dengan yang telah ditentukan bahwa skor ketercapaian anak yang mendapat nilai baik ≥ 75%. Kesimpulan dari uraian di atas yaitu menunjukan bahwa kegiatan finger painting dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok B di RA Fathul Ulum 02 Jatisari. Saran kepada guru dalam kegiatan finger painting dapat lebih kreatif dalam mengembangkan kegiatan dengan dikemas semenarik mungkin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119328

Actions (login required)

View Item View Item