Peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menganyam ceria pada anak kelompok B TK PGRI 03 Tumpang Malang / Isrotul Muslimah

Muslimah, Isrotul (2019) Peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menganyam ceria pada anak kelompok B TK PGRI 03 Tumpang Malang / Isrotul Muslimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Muslimah, Isrotul. 2019. Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam Ceria Kelompok B TK PGRI 03 Tumpang Malang. Skripsi Prodi S1 – Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd, M.Pd., (II) Evania Yafie, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Motorik Halus, Menganyam Ceria, Anak Usia Dini. Penelitian ini didasari oleh permasalahan-permasalah yang terkait dengan keterampilan motorik halus anak kelompok B TK PGRI 03 Tumpang Malang yang belum optimal, menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak belum berkembang dengan optimal sesuai tahapan usianya. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan kurang sesuai, pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak kurang bervariasi. Oleh karena itu, kegiatan menganyam diharapkan tepat untuk dapat meningkatkan keterampilan motorik halus dalam aspek koordinasi mata dan tangan, ketepatan, dan kelentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan kegiatan menganyam ceria untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok B TK PGRI 03 Tumpang Malang, dan apakah kegiatan menganyam dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak kelompok B TK PGRI 03 Tumpang Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis and Mc Taggart dengan empat tahap terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dalam tiap siklusnya. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK PGRI 03 Tumpang Malang dengan jumlah 16 anak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Keterampilan motorik halus anak meningkat dengan adanya pengulangan dan penggabungan bahan menganyam agar memudahkan guru dan anak dalam melakukannya. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan tiap pertemuannya, mulai dari pratindakan sampai siklus II keterampilan motorik halus anak pada aspek koordinasi mata dan tangan meningkat 62,50%, ketepatan meningkat 62,50%, dan kelentukan meningkat 68,75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan menganyam ceria dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok B TK PGRI 03 Tumpang Malang. Saran untuk guru yaitu meningkatkan keteampilan motorik halus anak melalui berbagai media bahan alam agar kegiatan menarik dan dapat memotivasi anak dalam mengembangkan keterampilan motorik halusnya secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119326

Actions (login required)

View Item View Item