Penerapan permainan warna teknik tiup untuk meningkatkan kreativitas seni rupa anak kelompok B di TK Kartika IV-6 Malang / Febby Anjelita Cahyani

Cahyani, Febby Anjelita (2019) Penerapan permainan warna teknik tiup untuk meningkatkan kreativitas seni rupa anak kelompok B di TK Kartika IV-6 Malang / Febby Anjelita Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Cahyani, Febby Anjelita. 2019. Penerapan Permainan Warna Teknik Tiup untuk Meningkatkan Kreativitas Seni Rupa Anak Kelompok B di TK Kartika IV-6 Malang. Skripsi Prodi S1 – Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. I Made Seken, M. Pd., (II) Nur Anisa, S. Pd, M. Pd. Kata Kunci: Permainan Warna Teknik Tiup, Kreativitas Seni Rupa Anak Kreativitas seni rupa anak melalui permainan warna teknik tiup adalah kemampuan anak untuk bereksplorasi dan berimajinasi melakukan kegiatan permainan membuat kreasi warna yang dilakukan dengan cara membubuhkan bahan pewarna pada kertas kemudian meniupnya menggunakan alat berupa sedotan dengan menilai anak mampu menghasilkan, mengembangkan, dan menunjukkan hasil karyanya sendiri. Hasil pengamatan pada kelompok B TK Kartika IV-6 Malang menunjukkan dari 16 anak, terdapat 11 anak dengan kemampuan kreativitas seni rupa belum berkembang dengan baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu menerapkan kegiatan permainan warna teknik tiup dan meningkatkan kreativitas seni rupa anak pada kelompok B TK Kartika IV-6 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari beberapa langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, refleksi dan perbaikan rencana. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Adapun instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi lembar observasi hasil ketercapaian kemampuan kreativitas seni rupa anak, catatan lapangan, lembar wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan warna teknik tiup berhasil dilaksanakan dan diterima anak dengan baik serta melalui penerapan permainan warna teknik tiup ini dapat meningkatkan kemampuan kreativitas seni rupa pada anak kelompok B di TK Kartika IV-6 Malang. Hal ini dibuktikan melalui hasil penilaian pada pra-tindakan sebesar 31,25% meningkat menjadi 43,75% pada siklus I. Kemampuan kreativitas seni rupa anak meningkat secara signifikan pada siklus II mencapai 81,25%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan warna teknik tiup dapat meningkatkan kreativitas seni rupa anak. Peneliti memberikan saran bagi guru, lembaga maupun peneliti lain untuk meningkatkan kemampuan kreativitas seni rupa anak melalui berbagai variasi kegiatan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi anak dan terus memberikan motivasi dalam mengembangkan kemampuan kreativitas seni rupa anak secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119325

Actions (login required)

View Item View Item