Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-square-share pada mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang dalam matakuliah landeskunde II / Desy Faristya Ergananti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-square-share pada mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang dalam matakuliah landeskunde II / Desy Faristya Ergananti

Ergananti, Desy Faristya (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-square-share pada mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang dalam matakuliah landeskunde II / Desy Faristya Ergananti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ergananti Desy Faristya. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square-Share pada Mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang dalam Matakuliah Landeskunde II. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Iwa Sobara S.Pd M.A. (II) Dudy Syafruddin S.S M.A. Kata Kunci model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Square-Share Landeskunde II 12288 12288 12288 12288 Think-Pair-Square-Share merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran ini menuntut mahasiswa untuk belajar secara mandiri dan sekaligus dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok untuk memahami materi yang dipelajari. Think-Pair-Square-Share menjadi alternatif dalam pembelajaran yang biasanya dilaksanakan dengan cara presentasi kelompok dan diskusi tanya jawab seperti pada matakuliah Landeskunde II di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman mahasiswa offering B Jurusan Sastra Jerman tentang materi pada matakuliah Landeskunde II setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square-Share. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang angkatan 2013. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa offering B Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang angkatan tahun 2013. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi tes dan angket. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa offering B tentang materi Verbraucherschutz in Deutschland berdasarkan nilai tes yang diperoleh setelah penerapan Think-Pair-Square-Share termasuk dalam kategori baik. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa penerapan Think-Pair-Square-Share sangat efektif jika diterapkan pada matakuliah Landeskunde II karena membuat mahasiswa aktif selama perkuliahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11923

Actions (login required)

View Item View Item