Penerapan metode dialog dan aksi dalam pembelajaran kemampuan berbicara bahasa Jerman pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tumpang / Yuni Artiningsih

Artiningsih, Yuni (2014) Penerapan metode dialog dan aksi dalam pembelajaran kemampuan berbicara bahasa Jerman pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tumpang / Yuni Artiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Artiningsih,Yuni. 2014. Penerapan Metode Dialog dan Aksi Siswa Kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Tumpang untuk Kemempuan Berbicara. Skripsi, Fakultas Sastra, Jurusan Sastra Jerman Program Studi Bahasa, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Tiksno Widyatmoko, M.A. (2) Iwa Sobara, M.A. Kata Kunci: metode dialog, metode aksi, keterampilan berbicara Pembelajaran bahasa Jerman terdiri dari aspek keterampilan berbahasa yakni mendengar, berbicara, membaca, dan mendengar. Pada pembelajaran bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Tumpang, siswa mengalami kesulitan dalam berbicara bahasa Jerman. Kesulitan tersebut salah satunya dikarenakan kurang efektifnya metode pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran bahasa Jerman. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti menerapkan metode Dialog dan Aksi untuk dapat memotivasi siswa kelas XI dalam belajar bahasa Jerman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Dialog dan Aksi dalam pembelajaran bahasa Jerman. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan tiga instrumen penelitian, yaitu pedoman observasi, angket dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Tumpang yang berjumlah 35 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Dialog dan Aksi mampu memotivasi siswa dalam belajar bahasa Jerman. Hal ini didukung dengan hasil yang dperoleh siswa yaitu 100, namun ada beberapa siswa yang masih mendapatkan nilai 60. Hal tersebut berarti sebagian siswa memahami materi pelajaran dengan baik, walaupun ada beberapa siswa belum tuntas. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan pada pengajar bahasa Jerman hendaknya agar memberikan metode yang bervariasi dan semenarik mungkin agar siswa bias lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran bahasa Jerman. Peneliti selanjutnya disarankan untuk menerapkan metode Dialog dan Aksi dalam pembelajaran bahasa Jerman untuk keterampilan berbicara bahasa yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11920

Actions (login required)

View Item View Item