Penerapan media Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) untuk pembelajaran kosa kata pada keterampilan berbicara bahasa Jerman kelas XI IPA SMA PGRI 1 Ponorogo / Zaiful Rochmana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) untuk pembelajaran kosa kata pada keterampilan berbicara bahasa Jerman kelas XI IPA SMA PGRI 1 Ponorogo / Zaiful Rochmana

Rochmana, Zaiful (2014) Penerapan media Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) untuk pembelajaran kosa kata pada keterampilan berbicara bahasa Jerman kelas XI IPA SMA PGRI 1 Ponorogo / Zaiful Rochmana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rochmana Zaiful. 2013. Penerapan Media Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) Pada Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA 1 SMA PGRI 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Deddy Kurniawan S.Pd. M.A. (II) Dra. Rosyidah M.Pd. Kata Kunci media KOKAMI keterampilan berbicara kosa kata 12288 12288 12288 12288 Media adalah salah satu alat yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Media KOKAMI merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Jerman. Media KOKAMI adalah media yang sejenis dengan media kartu bergambar. Dengan digunakannya media KOKAMI siswa lebih termotivasi dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran bahasa Jerman pada pembelajaran kosa kata khususnya keterampilan berbicara. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media KOKAMI dalam pembelajaran kosa kata khususnya keterampilan berbicara siswa kelas XI IPA 1 SMA PGRI 1 Ponorogo. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari lembar angket siswa dan observasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA PGRI 1 Ponorogo yang berjumlah 18 orang. 12288 12288 12288 12288 Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan diterapkannya media KOKAMI siswa lebih berani berbicara dan lebih mudah menghafalkan kosa kata bahasa Jerman. Hasil kegiatan observasi tersebut menunjukkan bahwa dengan diterapkannya media KOKAMI siswa terlihat aktif berbicara bahasa Jerman. Hasil angket menunjukkan bahwa KOKAMI dapat membantu siswa untuk mengingat kosakata bahasa Jerman dengan mudah. Berdasarkan hasil jawaban siswa pada pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam angket dapat disimpulkan bahwa pengajar perlu meningkatkan penggunaan media dalam pembelajaran. Siswa lebih bersemangat dan termotivasi dengan diterapkannya media dalam pembelajaran seperti halnya media KOKAMI. Dengan demikian penerapan media KOKAMI dalam pembelajaran berdampak positif terhadap pembelajaran siswa di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11908

Actions (login required)

View Item View Item