Penerapan strategi membaca Know-Want To Know-Learned (KWL) pada mata pelajaran bahasa Jerman siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 8 Malang / Elchulashotur Rofiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi membaca Know-Want To Know-Learned (KWL) pada mata pelajaran bahasa Jerman siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 8 Malang / Elchulashotur Rofiah

Rofiah, Elchulashotur (2014) Penerapan strategi membaca Know-Want To Know-Learned (KWL) pada mata pelajaran bahasa Jerman siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 8 Malang / Elchulashotur Rofiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rofiah Elchulashotur. 2013. Penerapan Strategi Membaca Know-Want to Know-Learned (KWL) Pada Mata Pelajaran Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 8 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Rizman Usman M.Pd. Pembimbing (II) Dudy Syafruddin S.S. M.A. Kata Kunci strategi membaca Know-Want to Know-Learned (KWL) 12288 12288 12288 12288 Strategi membaca Know-Want to Know-Learned (KWL) adalah strategi membaca yang diciptakan oleh Donna Ogle pada tahun 1986. Strategi membaca KWL adalah salah satu strategi membaca yang dapat membantu siswa aktif sebelum saat dan setelah membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan strategi membaca KWL dan mendeskripsikan hasil penerapan strategi membaca KWL dalam pembelajaran bahasa Jerman di kelas XII IPS 1 SMA Negeri 8 Malang. 12288 12288 12288 12288 Metode penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 18 orang siswa. Penelitian ini menggunakan tiga buah instrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi pedoman wawancara dan lembar tes yang digunakan untuk menggambarkan penerapan strategi membaca KWL dalam pembelajaran bahasa Jerman. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti terlihat bahwa siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dari hasil wawancara terungkap bahwa guru tertarik dengan penerapan strategi membaaca KWL karena dapat membantu siswa memahami sebuah bacaan secara keseluruhan. Demikian pula siswa merasa lebih fokus dan aktif dalam memahami sebuah bacaan dengan diterapkan strategi ini. Dari hasil tes diketahui nilai rata-rata kelas termasuk dalam kategori baik yaitu 85 5 dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 78. Dengan demikian hasil dari penerapan strategi membaca KWL menunjukan bahwa siswa telah memahami materi pembelajaran bahasa Jerman dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11905

Actions (login required)

View Item View Item