Pengembangan game "Wie Klug Bist Du?" berbasis android sebagai instrumen evaluasi matakuliah landeskunde 1 / Bitah Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan game "Wie Klug Bist Du?" berbasis android sebagai instrumen evaluasi matakuliah landeskunde 1 / Bitah Anggraeni

Anggraeni, Bitah (2014) Pengembangan game "Wie Klug Bist Du?" berbasis android sebagai instrumen evaluasi matakuliah landeskunde 1 / Bitah Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anggraeni Bitah. 2013. Pengembangan Game Wie klug bist du Berbasis Android sebagai Instrumen Evaluasi Matakuliah Landeskunde 1. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Tiksno Widyatmoko M.A. (2) Desti Nur Aini S.S M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Game Pembelajaran Android Instrumen Evaluasi Telaah Masyarakat Jerman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa game yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan tepat berdasarkan materi yang diajarkan. Selain itu mahasiswa dapat melakukan kontrol mandiri terhadap materi matakuliah Landeskunde 1 yang telah dipelajari sebelumnya. Secara garis besar langkah penelitian dan pengembangan terdiri dari tiga tahap yaitu (1) studi pendahuluan (2) pengembangan dan (3) uji produk. Adapun uji produk ini dilakukan oleh uji ahli yaitu 2 ahli materi ahli media dan uji coba pengguna. Dalam studi pendahuluan didapat hasil identifikasi kebutuhan dengan menyebarkan angket untuk mengetahui penggunaan smartphone dikalangan mahasiswa dan kebutuhan akan media evaluasi mandiri pada matakuliah Landeskunde 1. Dari validasi butir soal diketahui bahwa soal yang dikembangkan di dalam game layak dan relevan terhadap indikator dan materi. Pengembangan game pada android ini menggunakan software Eclipse versi Kepler dan sotfware Droiddraw. Game yang telah dikembangkan untuk matakuliah Landeskunde 1 dapat diunduh melalui google play store. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa game ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. Tingkat validitas materi dalam game ini adalah 84 4% (valid) dan tingkat validitas media sebesar 72% (valid). Tingkat validitas game pada ujicoba lapangan sebesar 82% (valid). Berdasarkan tingkat kesukaran soal didapat hasil bahwa 54% butir soal tergolong dalam tingkat kesulitan sedang pada analisis daya pembeda didapat hasil bahwa 37 5% butir soal memiliki daya pembeda yang sangat baik. Pada analisis distraktor didapat hasil bahwa 82% opsi pengecoh berfungsi dengan baik. Produk ini telah direvisi sesuai dengan saran dari para ahli namun keunggulan dan kekurangan dari produk yang dibuat tetap ditemukan dalam penelitian ini sehingga diharapkan terdapat pengembangan produk lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11904

Actions (login required)

View Item View Item