Penerapan model Talkming Stick pada proses pembelajaran membaca bahasa Jerman di SMA Negeri 9 Malang / Siti Amanah

Amanah, Siti (2013) Penerapan model Talkming Stick pada proses pembelajaran membaca bahasa Jerman di SMA Negeri 9 Malang / Siti Amanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Amanah, Siti. 2013. Penerapan Model Talking Stick pada Proses Pembelajaran Membaca Bahasa Jerman di SMA Negeri 9 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Edy Hidayat S.Pd, M.Hum., (II) Dra. Rosyidah, M.Pd. Kata Kunci : model Talking Stick, keterampilan membaca      Guru profesional merupakan faktor penentu proses pendidikan yang berkualitas. Agar tercapai tujuan pembelajaran, guru harus mampu menyajikan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran. Talking Stick adalah salah satu model pembelajaran yang mampu membuat siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model Talking Stick pada proses pembelajaran membaca bahasa Jerman di SMA Negeri 9 Malang.      Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Talking Stick dalam proses pembelajaran membaca bahasa Jerman di SMA Negeri 9 Malang serta mendeskripsikan hasil dari penelitian tersebut. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X8 SMA Negeri 9 Malang yang berjumlah 10 orang. Data yang dikumpulkan adalah data proses kegiatan pembelajaran dan data hasil kuesioner siswa. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai instrumen utama, sedangkan instrumen penelitian lain yang digunakan adalah lembar observasi dan kuesioner. Proses analisis data dilakukan dengan cara: (1) pembuatan data, (2) penyederhanaan data, (3) pemaparan data, dan (4) penyimpulan dan verifikasi.      Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Talking Stick berjalan sesuai dengan tahapan-tahapannya. Selain itu, penerapan model Talking Stick mampu memberikan suasana belajar yang baru dan menyenangkan serta menjadikan siswa lebih aktif. Hal itu terlihat dari aktifitas siswa saat penerapan Talking Stick pada fase konfirmasi yang selalu berusaha ingin mendapatkan kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru untuk menggabungkan model Talking Stick dengan penggunaan media pembelajaran yang beragam agar pembelajaran lebih menarik dan memperhatikan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk penerapan model Talking Stick karena dalam penerapannya model pembelajaran ini membutuhkan waktu yang relatif lama. Peneliti selanjutnya hendaknya menerapkan model Talking Stick tidak hanya pada keterampilan membaca saja, tetapi dapat mengaplikasikannya ke keterampilan-keterampilan berbahasa yang lainnya untuk memperkaya penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11901

Actions (login required)

View Item View Item