Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran tata bahasa dan kosa kata bahasa Jerman dengan tema Kennenlernen / Nina Rachma Ilhami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran tata bahasa dan kosa kata bahasa Jerman dengan tema Kennenlernen / Nina Rachma Ilhami

Ilhami, Nina Rachma (2013) Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran tata bahasa dan kosa kata bahasa Jerman dengan tema Kennenlernen / Nina Rachma Ilhami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilhami Nina Rachma. 2013. Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Tata Bahasa Dan Kosakata Bahasa Jerman Dengan Tema Kennenlernen. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Deddy Kurniawan S.Pd. M.A (2) Drs. Tiksno Widyatmoko M.A. Kata kunci multimedia interaktif tata bahasa kosakata bahasa Jerman. Bahasa Jerman merupakan mata pelajaran pilihan bahasa asing yang diajarkan di beberapa sekolah lanjutan tingkat atas di Indonesia salah satunya di SMA Negeri 9 Malang. Hasil observasi awal terhadap proses pembelajaran bahasa Jerman di kelas X SMAN 9 Malang menunjukkan bahwa bahasa Jerman sebagai mata pelajaran yang baru bagi peserta didik menimbulkan berbagai macam respon dari para peserta didik terhadap mata pelajaran bahasa Jerman. Setiap peserta didik memiliki karakteristik minat dan bakat kemampuan kognitif kesiapan dan kecepatan belajar. Berkaitan dengan karakteristik peserta didik tidak semua materi dapat dipahami siswa hanya dengan membaca buku dan mendengarkan penjalasan guru. Dalam hal ini guru dapat menyajikan materi pembelajaran dalam sebuah media interaktif yang dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. Media pembelajaran tersebut dapat membantu peserta didik untuk memahami materi pembelajaran dengan baik. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa produk perangkat lunak multimedia interaktif yang menarik dari segi tampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran tepat dari segi materi yang disajikan serta kesesuaian media dengan pola pemanfaatan media pembelajaran. Dalam penggunaannya peserta didik dapat melakukan kontrol terhadap aktivitas belajar mandiri dan lebih leluasa dalam menentukan urutan materi belajar sesuai kebutuhan sehingga peserta didik dapat mengejar ketertinggalan materi dan lebih siap untuk menerima materi yang disajikan guru di kelas. Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi model penelitian dari model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall dan model yang dikembangkan oleh Sukmadinata. Secara garis besar langkah penelitian dan pengembangan yang dilakukan terdiri dari tiga tahap (1) tahap pra pengembangan (2) tahap pengembangan dan (3) tahap uji validitas dan revisi. Data dalam penelitian dan pengembangan multimedia interaktif ini diperoleh melalui angket penilaian oleh subjek validasi dan subjek ujicoba. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa validitas multimedia interaktif termasuk dalam kualifikasi baik sekali dan layak dijadikan sebagai media pembelajaran pada pembelajaran tata bahasa dan kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA. Oleh karena itu peneliti menyarankan kepada guru untuk menggunakan multimedia interaktif ini sebagai alternatif media pembelajaran bahasa Jerman pada tema Kennenlernen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11900

Actions (login required)

View Item View Item