Pengaruh penggunaan media teka-teki silang terhadap penguasaan kosakata bahasa Jerman siswa kelas XI Pilihan SMA Negeri 4 malang / Lillis Pujihartari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media teka-teki silang terhadap penguasaan kosakata bahasa Jerman siswa kelas XI Pilihan SMA Negeri 4 malang / Lillis Pujihartari

Pujihartari, Lilis (2013) Pengaruh penggunaan media teka-teki silang terhadap penguasaan kosakata bahasa Jerman siswa kelas XI Pilihan SMA Negeri 4 malang / Lillis Pujihartari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pujihartari Lilis. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Teka-teki Silang terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman Siswa Kelas XI Pilihan SMAN 4 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Rizman Usman M.Pd (II) Sri Prameswari Indriwardhani S.Pd M.Pd. Kata Kunci Teka-teki Silang Kosakata Pembelajaran Bahasa Jerman Teka-teki silang merupakan permainan asah otak yang dapat menambah perbendaharaan kata serta dapat menguji daya ingat. Permainan ini sudah dikenal di kalangan masyarakat. Namun dalam penelitian ini teka-teki silang digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Jerman terutama pada pembelajaran kosakata. Kosakata diajarkan secara terintegrasi dalam keempat keterampilan berbahasa (Sprachfertigkeit) yaitu keterampilan menyimak (H rfertigkeit) keterampilan berbicara (Sprechfertigkeit) keterampilan membaca (Lesefertigkeit) maupun menulis (Schreibfertigkeit). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Malang. Di sekolah tersebut siswa diwajibkan memperoleh satu bahasa asing (bahasa ketrampilan) yaitu Bahasa Jerman Jepang atau Prancis. Namun siswa tidak diperkenankan memilih bahasa asing sesuai dengan minat masing-masing melainkan ditentukan oleh sekolah. Hal ini menyebabkan ada beberapa siswa yang kurang berminat pada matapelajaran ini sehingga suasana di kelas pun kurang kondusif sehingga menimbulkan kesulitan bagi siswa dalam belajar bahasa asing tersebut. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media teka-teki silang terhadap penguasaan kosakata Bahasa Jerman siswa kelas XI pilihan SMA Negeri 4 Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji t-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program pilihan yang mendapat Bahasa Jerman sebagai bahasa ketrampilan. Mereka terbagi dalam empat kelas yaitu kelas A (XI IPA 1-2) kelas B (XI IPA 3-4) kelas C (XI IPA 5) dan kelas D (XI IPS 1-2). Dalam penelitian ini digunakan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas treatment dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung ttabel (2 27 1 714). Dengan demikian hipotesis (H0) ditolak yang berarti terdapat pengaruh penggunaan media teka-teki silang terhadap penguasaan kosakata Bahasa Jerman siswa kelas XI program pilihan SMA Negeri 4 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11895

Actions (login required)

View Item View Item