Penerapan media domino pada pembelajaran keterampilan berbicara kelas XI Progfram Pilihan SMAN I Malang / Fransiskus Dosi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media domino pada pembelajaran keterampilan berbicara kelas XI Progfram Pilihan SMAN I Malang / Fransiskus Dosi

Dosi, Fransiskus (2013) Penerapan media domino pada pembelajaran keterampilan berbicara kelas XI Progfram Pilihan SMAN I Malang / Fransiskus Dosi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dosi Fransiskus. 2013. Penerapan Media Domino pada pembelajaran Keterampilan Berbicara Kelas XI Program Pilihan SMAN I Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dewi Kartika Ardiyani S.Pd. M.Pd. (II) Iwa Sobara M.A. Kata Kunci Media Media Domino Keterampilan Berbicara Media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan untuk memudahkan pengajar dalam menyampaikan maksud atau tujuan pembelajaran. Bentuk media yang inovatif dan kreatif dapat membantu menumbuhkan semangat dan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga siswa mampu memahami isi materi pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah media domino. Media Domino merupakan salah satu media konvensional yang diadaptasi dari permainan Kartu Domino. Tema yang digunakan dalam penerapan media ini adalah tema Hobby dengan materi trennbare Verben . Media domino terdiri dari dua sisi. Sisi yang pertama berisi Vorsilbe (kata awalan) dan sisi kedua berisi Verben (kata Kerja). Dalam permainan ini siswa tidak hanya menyusun kartu sesuai pasangannya masing-masing melainkan juga membuatnya dalam kalimat. Kalimat yang telah dibuat tersebut disampaikan secara lisan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan Media Domino pada pembelajaran keterampilan berbicara kelas XI Program Pilihan SMAN I Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Pilihan SMAN I Malang yang berjumlah 18 orang. Data pada penelitian ini adalah hasil observasi dan hasil angket siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan angket sedangkan teknik analisis dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa sangat antusias dan termotivasi mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media Domino. Hasil angket siswa menunjukan sebagian besar siswa berpendapat bahwa media domino sangat menarik. Selain itu mereka juga berpendapat bahwa media domino ini sangat cocok untuk diterapkan pada pembelajaran bahasa Jerman khususnya pada pembelajaran keterampilan berbicara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media domino sangat tepat digunakan pada pembelajaran bahasa Jerman siswa kelas XI Program Pilihan SMAN I Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11894

Actions (login required)

View Item View Item