Penulisan elfchen dalam keterampilan menulis siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Lawang / Sukma Aina Noor - Repositori Universitas Negeri Malang

Penulisan elfchen dalam keterampilan menulis siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Lawang / Sukma Aina Noor

Noor, Sukma Aina (2013) Penulisan elfchen dalam keterampilan menulis siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Lawang / Sukma Aina Noor. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Noor Sukma Aina. 2013. Penulisan Elfchen dalam Keterampilan Menulis Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman. Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Edy Hidayat S.Pd M.Hum. (II) Desti Nur Aini S.S. M.Pd. Kata Kunci Elfchen keterampilan menulis Elfchen merupakan salah satu dari beberapa macam metode menulis kreatif. Elfchen adalah puisi singkat yang hanya memiliki sebelas kata dan lima baris. Aturan unik tersebut membuat Elfchen lebih unik dibandingkan dengan puisi pada umumnya. Siswa dapat menuangkan ide yang dimiliki dengan singkat dan jelas sesuai dengan kemampuan berbahasa yang dikuasai. Sementara guru tidak pernah menggunakan metode menulis tertentu dalam pembelajaran keterampilan menulis akibatnya siswa menjadi kurang bersemangat dalam mempelajari bahasa Jerman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan menulis puisi yang dilakukan siswa dengan menggunakan metode menulis kreatif Elfchen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah semua catatan hasil observasi serta hasil dokumentasi yaitu hasil tulisan siswa dan hasil wawancara dengan siswa. Sumber data adalah seluruh siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Lawang yang berjumlah 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa bersemangat mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan metode menulis Elfchen. Siswa mampu membuat puisi pendek menggunakan metode menulis kreatif Elfchen seperti contoh yang diberikan pengajar meskipun siswa masih mengalami beberapa kesulitan dan melakukan kesalahan dalam penulisannya. Kesalahan tersebut adalah penggunaan Personalpronomen dalam kasus Akkusativ deklinasi kata sifat konjugasi kata kerja penulisan kata benda dalam bahasa Jerman penggunaan kata kerja ganda dalam satu kalimat dan penggunaan gramatikal yang kesulitannya lebih tinggi di atas kemampuan mereka seperti Genitiv.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11892

Actions (login required)

View Item View Item