Penerapan media kartu Tangramino pada pembelajaran kata benda tunggal dan jamak di kelas XI bahasa SMA Negeri 1 Lawang / Elok Apriliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media kartu Tangramino pada pembelajaran kata benda tunggal dan jamak di kelas XI bahasa SMA Negeri 1 Lawang / Elok Apriliana

Apriliana, Elok (2013) Penerapan media kartu Tangramino pada pembelajaran kata benda tunggal dan jamak di kelas XI bahasa SMA Negeri 1 Lawang / Elok Apriliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Apriliana Elok. 2013. Penerapan Media Kartu Tangramino pada Pembelajaran Kata Benda Tunggal dan Jamak di Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sri Prameswari Indriwardhani S.Pd. M.Pd. (II) Edy Hidayat S.Pd. M.Hum. Kata Kunci kartu tangramino kata benda tunggal dan jamak Kata benda dalam bahasa Jerman memiliki dua bentuk yaitu tunggal dan jamak. Keduanya harus dipelajari secara bersamaan karena dalam bahasa Jerman terdapat sembilan macam pembentukan kata benda jamak. Tetapi sebagian besar siswa di kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Lawang hanya mempelajari kata benda tunggal. Siswa juga mengalami kesulitan mempelajari kata benda jamak yang disebabkan oleh beragamnya aturan pembentukan kata benda jamak dalam bahasa Jerman. Media kartu tangramino merupakan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mempelajari kata benda tunggal sekaligus dengan bentuk jamaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan hasil penerapan media kartu tangramino pada pembelajaran kata benda tunggal dan jamak di kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Lawang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Lawang. Data yang digunakan adalah hasil obervasi hasil tes dan hasil angket siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi tes dan angket. Keabsahan data dicek dengan menggunakan teknik triangulasi data. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa media kartu tangramino dapat membantu siswa mempelajari kata benda tunggal sekaligus dengan bentuk jamaknya. Siswa dapat memasangkan semua kata benda pada kartu tangramino dengan tepat dan melengkapi tabel pembentukan kata benda jamak serta mengoreksi kesalahan yang ada secara mandiri. Tetapi dari hasil tes diketahui bahwa siswa masih mengalami kesulitan dengan aturan pembentukan kata benda jamak penulisan kata benda dalam bahasa Jerman dan pemilihan artikel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11891

Actions (login required)

View Item View Item