Penerapan teknik pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 8 Malang / Lucky Saputera - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teknik pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 8 Malang / Lucky Saputera

Saputera, Lucky (2013) Penerapan teknik pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 8 Malang / Lucky Saputera. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Keterampilan berbicara teknik pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Keterampilan berbicara merupakan keterampilan berbahasa yang sangat penting dikarenakan oleh tingginya tuntutan realitas dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pembelajaran bahasa Jerman ditemukan beberapa kendala terutama pada keterampilan berbicara. Berdasarkan hal tersebut peneliti menerapkan teknik pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) sebagai teknik pengajaran dalam keterampilan berbicara siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 8 Malang. Dalam penerapan teknik Two Stay Two Stray (TSTS) siswa dituntut aktif dalam proses pembelajaran dan dituntut pula untuk bekerja di dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik Two Stay Two Stray (TSTS) pada pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman di SMA Negeri 8 Malang. Data penelitian yang digunakan adalah hasil observasi hasil tes dan hasil angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi tes dan angket. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik Two Stay Two Stray (TSTS) membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan teknik Two Stay Two Stray (TSTS) efektif digunakan dalam pembelajaran dan keterampilan berbicara. Hal ini terbukti dari hasil tes berbicara siswa yang memperoleh nilai rata-rata 83 5 dan hasil tes tersebut masuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11888

Actions (login required)

View Item View Item