Penerapan podcast "jojo Sucht Das Gluck" pada keterampilan menulis karangan berbahasa Jerman untik siswa kelas XI Program Bahasa SMAN 5 Malang / Rian Kurnia Agustin

Agustin, Rian Kurnia (2013) Penerapan podcast "jojo Sucht Das Gluck" pada keterampilan menulis karangan berbahasa Jerman untik siswa kelas XI Program Bahasa SMAN 5 Malang / Rian Kurnia Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: penerapan, podcast ÔÇ£Jojo Sucht das Gl??ckÔÇØ, keterampilan menulis. Keterampilan menulis merupakan salah satu dari keempat keterampilan yang harus dikuasai seorang pembelajar bahasa Jerman. Dalam pembelajaran bahasa Jerman di SMA Negeri 5 Malang, yang merupakan sekolah Pasch, siswa dipersiapkan untuk menghadapi ujian nasional dan ujian sertifikasi bahasa Jerman, serta proyek Jugendkurs. Dalam program-program tersebut keterampilan menulis menjadi aspek penting yang harus dipersiapkan. Siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 5 Malang memiliki kesulitan dalam menentukan, menyusun dan mengembangkan gagasan penulisan untuk menghasilkan karangan berbahasa Jerman yang baik. Podcast merupakan media pembelajaran yang bersifat episodik, yang dapat diterapkan sebagai media stimulator kegiatan menulis. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan podcast ÔÇ£Jojo Sucht das Gl??ckÔÇØ dan hasilnya pada keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa Jerman. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 5 Malang sebanyak 13 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi, dokumentasi karangan siswa dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa podcast ÔÇ£Jojo Sucht das Gl??ckÔÇØ dapat diterapkan untuk keterampilan menulis. Berdasarkan hasil kegiatan observasi, proses pembelajaran dengan penerapan podcast dapat berjalan dengan baik. Dalam hal ini podcast berfungsi sebagai media stimulus untuk kegiatan mengarang siswa. Analisis hasil dokumentasi karangan menunjukkan bahwa siswa telah mencapai rata-rata nilai 80, yang berarti telah memenuhi standar ketuntasan minimal. Penilaian tersebut terdiri dari aspek ketepatan isi dan cakupan penulisan, serta ketepatan gramatik dan aturan penulisan berdasarkan kriteria penilaian tingkat A2. Siswa dapat menentukan gagasan yang beragam, serta mengembangkan dan menyusunnya dalam sebuah karangan yang baik. Hal ini dibuktikan dengan munculnya 10 variasi cerita dari 13 karangan siswa Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa podcast ÔÇ£Jojo Sucht das Gl??ckÔÇØ dapat diterapkan dengan baik pada pembelajaran keterampilan menulis. Selain itu podcast tersebut tidak hanya dapat diterapkan pada keterampilan menulis, maka dari itu disarankan pada peneliti selanjutnya untuk mengembangkan ranah penelitian tentang podcast tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11886

Actions (login required)

View Item View Item