Pengembangan media KABID (Kartu Belajar Ajaib) melalui QR code pada materi peristiwa kebangsaan seputar Proklamasi Kemerdekaan berkarakter cinta tanah air kelas C SDN Kauman 2 Kota Blitar / Adella Frisca Fidyaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media KABID (Kartu Belajar Ajaib) melalui QR code pada materi peristiwa kebangsaan seputar Proklamasi Kemerdekaan berkarakter cinta tanah air kelas C SDN Kauman 2 Kota Blitar / Adella Frisca Fidyaningtyas

Fidyaningtyas, Adella Frisca (2020) Pengembangan media KABID (Kartu Belajar Ajaib) melalui QR code pada materi peristiwa kebangsaan seputar Proklamasi Kemerdekaan berkarakter cinta tanah air kelas C SDN Kauman 2 Kota Blitar / Adella Frisca Fidyaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fidyaningtyas Adella Frisca. 2020. Pengembangan Media KABIB (Kartu Belajar Ajaib) Melalui QR Code pada Materi Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Berkarakter C inta Tanah Air Kelas V SDN Kauman 2 Kota Blitar. Skripsi Program Studi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M.Pd. (II) Ferril Irham Muzaki S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Sekolah Dasar Kartu Belajar Ajaib. Penelitian dan pengembangan media KABIB (Kartu Belajar Ajaib) dilaksanakan di kelas V SDN Kauman 2 Kota Blitar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Kauman 2 Kota Blitar menunjukkan bahwa minat belajar sebagian siswa terhadap pembelajaran IPS cukup rendah khususnya pada materi peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan. Materi tersebut terdapat pada buku tema 7 subtema 2 pembelajaran 1 dan pembelajaran 3. Materi peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan termuat pada KD 3.4 dan 4.4 muatan IPS. Selain itu penggunaan media di SDN Kauman 2 Kota Blitar juga belum optimal. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah media K ABIB (Kartu Belajar Ajaib) melalui qr code pada materi peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan untuk siswa kelas V SD yang valid menurut ahli materi ahli media pengguna dan praktis menurut siswa.Penelitiandan pengembangan media KABIB (Kartu Belajar Ajaib) menggunakan model penelitian Dick Careyyang terdiri dari 10 tahapan meliputi (1) analisis kebutuhan (2) analisis pembelajaran (3) analisis pembelajar dan konteksnya (4) menuliskan tujuan khusus (5) mengembangkan instrumen penilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) pengembangan dan pemilihan media pembelajaran (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif (9) revisi pembelajaran dan (10) merancang dan melaksanakan evaluasi sumatif. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa media KABIB (Kartu Belajar Ajaib) yang dilengkapi dengan buku pedoman pelaksanaan. Produk yang dihasilkan telah melalui proses validasi dan uji coba produk. Kevalidan produk diperoleh dari hasil validasi materi mencapai tingkat kevalidan 93 75% validasi media 100% dan pengguna 100%. Sedangkan kepraktisan produk diperoleh berdasarkan uji coba produk dengan hasil sebesar98%untuk uji coba kelompok kecil dan hasil sebesar 98% untuk uji coba kelompok besar.Berdasarkan hasil tersebut diperoleh kesimpulan bahwa produk yang dikembangkan sudah valid dan praktis untuk digunakan saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jul 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/118846

Actions (login required)

View Item View Item