Analisis problematika manajemen kelas di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-gugus III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Johan Agusti Maulida - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis problematika manajemen kelas di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-gugus III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Johan Agusti Maulida

Maulida, Johan Agusti (2019) Analisis problematika manajemen kelas di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-gugus III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Johan Agusti Maulida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Maulida Johan Agusti. 2019. Analisis Problematika Manajemen Kelas di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-Gugus III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. A. Badawi S.Pd. M.Pd. (II) Dra. Siti Umayaroh S.Pd. M.Pd. Kata Kunci problematika manajemen kelas sekolah dasar Upaya peningkatan kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh kemampuan dan kualitas seorang guru. Kemampuan profesional seorang guru tidak hanya dilihat dari kemampuan dalam mengajar dan menyampaikan materi saja namun juga kemampuan dalam mengelola seluruh sumber daya yang ada di dalam kelas. Hal ini erat kaitannya dengan kegiatan manajerial atau manajemen kelas. Kegiatan manajemen kelas bertujuan untuk menciptakan suasana kelas yang optimal sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan manajemen kelas problematika manajemen kelas faktor yang menjadi penyebab munculnya problematika manajemen kelas serta upaya yang dilakukan guru dalam menangani problematika manajemen kelas yang terjadi di kelas IV SDN se-gugus III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan wawancara dengan guru kelas dan siswa sebagai responden. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan dan pelaksanaan manajemen kelas telah dilaksanakan dengan sangat baik dengan perolehan persentase pada masing-masing variabel sebesar 88 1% dan 86 9%. Selanjutnya pada problematika manajemen kelas perilaku ingin mendapatkan perhatian menjadi masalah individu teratas sedangkan masalah kelompok yang paling banyak terjadi yaitu kelas mereaksi negatif terhadap salah seorang anggotanya. Faktor utama yang menjadi penyebab munculnya problematika manajemen kelas yaitu masalah kesehatan dan emosional pada faktor intern dan faktor situasi belajar dan efektivitas guru dalam mengajar pada faktor ekstern. Terakhir upaya guru dalam mengatasi problematika manajemen kelas yang terjadi dapat bermacam-macam namun sebagian besar guru sepakat bahwa menegur memberi peringatan menasihati siswa melakukan pendekatan personal merupakan cara yang sering dilakukan. Apabila cara-cara tersebut tidak berhasil mengubah perilaku siswa cara terakhir yang ditempuh oleh guru yaitu dengan memanggil orang tua/wali ke sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perencanaan dan pelaksanaan manajemen kelas telah dilaksanakan dengan sangat baik meskipun terdapat beberapa aspek yang masih perlu ditingkatkan. Dalam proses manajemen kelas permasalahan atau problematika pastilah tidak dapat dihindari. Upaya mengatasi problematika manajemen kelas haruslah tepat sasaran sesuai dengan jenis permasalahan yang muncul. Sasaran pemecahan masalah individu adalah individu yang bersangkutan. Begitu juga dengan masalah kelompok objek sasaran pemecahan masalah adalah kelompok yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/118841

Actions (login required)

View Item View Item