Analisis perencanaan dan pemanfaatan media pembelajaran kelas IV tema 9 SDN Karangbesuki 3 Malang / Alfiyaning Faruqiyati Munita Dewi

Dewi, Alfiyaning Faruqiyati Munita (2019) Analisis perencanaan dan pemanfaatan media pembelajaran kelas IV tema 9 SDN Karangbesuki 3 Malang / Alfiyaning Faruqiyati Munita Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dewi, Alfiyaning F.M. 2019. Pemanfaatan Media Pembelajaran Kelas Iv Tema 9 SDN Karangbesuki 3 Malang. Skripsi Prodi S1 –Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dsar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sa’dun Akbar, M.Pd., (II) Putri Mahanani, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran Sekolah Dasar, Pemanfaatan Media Pembelajaran. Pendidikan nasional mempunyai tujuan yang tidak dapat direalisasikan apabila tidak diimplementasikan dalam setiap jenjang dan satuan pendidikan. Pendidikan nasional mempunyai tujuan yang salah satunya adalah dilaksanakannya pendidikan di tingkat sekolah dasar. Media merupakan suatu alat bantu yang seharusnya dimanfaatkan oleh guru untuk mempermudah guru dalam menjelaskan materi pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan dengan mengamati pemanfaatan media pembelajaran oleh guru kelas 4 SDN Karangbesuki 3 Malang. Tujuan yang ingin dihasilkan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan kesesuaian pemanfaatan media pembelajaran serta faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelktian ini dilakukan di SDN Karangbesuki 3 Malang. Penelitian ini menghasilkan deskripsi umum dari kesesuaian media pembelajaran dengan materi pembelajaran,faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran pada kelas 4 pada tema 9 terdapat 39 media pembelajaran. Sedangkan terdapat 22 media pembelajaran yang tidak sesuai dengan materi pembelajaran. Selanjutnya terdapat 5 materi pelajaran yang tidak memanfaatkan media pembelajaran; (2) faktor yang mendukung pemanfaatan media pembelajaran yaitu Media pembelajaran yang dimanfaatkan hampir secara keseluruhan bersifat klasikal, karena media pembelajaran yang dimanfaatkan memiliki ukuran yang cocok digunakan untuk pembelajran klasikal. Sekolah juga telah memfasilitasi berbagai media pembelajaran yang dibutuhkan. (3) faktor yang menghambat pemanfaatan media pembelajaran yaitu Media pembelajaran yang dimanfaatkan bersifat klasikal, jadi tidak dapat digunakan untuk individu. Selain itu terdapat keterbatasan waktu untuk mengembangkan media pembelajaran dan keterbatasan jumlah media pembelajaran yang akan dimanfaatkan sehingga guru menyiapkan media pembelajaran yang bersifat klasikal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/118838

Actions (login required)

View Item View Item