Pembelajaran outdoor untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN Karangbesuki 2 Malang / Yuni Maharani

Maharani, Yuni (2019) Pembelajaran outdoor untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN Karangbesuki 2 Malang / Yuni Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Maharani, Yuni. 2019. Pembelajaran Outdoor Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN Karangbesuki 2 Malang. Skripsi Prodi S1 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Drs. A. Badawi, S.Pd, M.Pd (II)Drs. Achmad Taufiq, M.Pd Kata Kunci: Menulis Puisi, Pembelajaran Outdoor, Kelas IV Hasil observasi menemukan bahwa penggunaan pembelajaran outdoor pada muatan Bahasa Indonesia materi menulis puisi kelas IV pokok materi menulis puisi, penggunaan media pembelajaran terbatas pada sarana dan prasaran yang dimiliki sekolah sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa selain itu kemampuan siswa yang kurang dalam berbahasa mempengarhui hasil belajar siswa menulis puisi. Dari nilai yang ditentukan sebesar 7.5 secara keseluruhan siswa belum mencapai ketuntasan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan pembelajar outdoor dan mendeskripsikan kegiatan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan pembelajaran outdoor dapat meningkatkan keterampilan menulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas IV SDN Karangbesuki 2 Malang, rancangan penelitian diadaptasi dari teori Kemmis & Taggart, meliputi empat tahap (1) planning, (2) acting & oneseerving, (3) reflecting, dan (4) revise plan. Sedangkan teknik pengumpulan data dan analisis data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelakaksanaan pembelajaran melalui pemanfaatan lingkungan sekitar dapat meningkatkan minat siswa dalam melaksanakan pembelajaran hal ini terbukti siswa semakin aktif, kreatif, imajinatif, dan perbendaharaan kata siswa semakin banyak. Sedangkan hasil keterampilan menulis siswa meningkat hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada pratindakan , meningkat pada siklus I 5.62, dan meningkat pada siklus II 81.2 Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan bagi guru untuk dapat memanfaatkan lingkungan sekitar dalam melaksanakan pembelajaran pada materi yang lain agar siswa tidak mudah bosan , serta tidak monoton dalam melaksanakan pembelajaran. Guru hendaknya dapat menciptakan pembelajaran yang inovatif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/118837

Actions (login required)

View Item View Item