Problematika penerapan standar proses perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 kelas III di SDN Gugus V Klojen Kota Malang / Fajar Maulana Achmad

Achmad, Fajar Maulana (2019) Problematika penerapan standar proses perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 kelas III di SDN Gugus V Klojen Kota Malang / Fajar Maulana Achmad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Achmad, Fajar Maulana. 2019. Problematika Penerapan Standar Proses Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Kelas III di SDN Gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suhartono, S.Pd, M.Pd, (II) Dra. Nihayati, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: Standar Proses, Problematika Standar Proses, Sekolah Dasar Standar proses diterapkan sebagai kriteria pelaksanaan pembelajaran untuk mencapai standar kompetensi lulusan di setiap satuan pendidikan. Standar proses perencanaan mengacu pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 yang memuat komponen-komponen silabus dan RPP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika penerapan standar proses Kurikulum 2013 pada perencenaan kelas III di SDN Gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe eks pos fakto. Data diperoleh dari guru kelas III SDN Gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang sebanyak delapan guru, kemudian dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan kuantitatif deskritif dan disajikan dalam bentuk persentase dan tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan silabus sudah lengkap komponennya namun masih terdapat ketidaksesuaian. Ketidaksesuaian isi silabus terdapat pada komponen identitas sekolah, alokasi waktu, kompetensi inti, dan sumber belajar. Perencanaan RPP memuat komponen yang tidak lengkap sesuai dengan standar proses. Komponen tersebut terdapat pada materi pokok dan materi pembelajaran. Terdapat ketidaksesuain juga pada isi dari komponen RPP seperti pada alokasi waktu, tujuan pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran di SDN Gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang terdapat problematika pada komponen RPP. Saran untuk Kepala SDN Gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang hendaknya senantiasa mengawasi dan memberi arahan pada guru kelas III dalam perencanaan silabus dan RPP. Guru hendaknya mempelajari dan memahami serta menerapkan acuan yang diberlakukan seperti pada Permendikbud No 22 Tahun 2016, Permendikbud No 57 Tahun 2014, dan Permendikbud No 37 Tahun 2018. Peneliti lain dapat mengembangkan penelitian ini dengan mencari data penyebab munculnya problematika penerapan standar proses Kurikulum 2013 secara lebih jelas dan mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/118836

Actions (login required)

View Item View Item