Penerapan model pembelajaran cooperative learning (Make a Match) pada keterampilan berbicara kelas XI Bahasa SMAN 5 Malang / Tantri Listiamaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran cooperative learning (Make a Match) pada keterampilan berbicara kelas XI Bahasa SMAN 5 Malang / Tantri Listiamaya

Listiamaya, Tantri (2013) Penerapan model pembelajaran cooperative learning (Make a Match) pada keterampilan berbicara kelas XI Bahasa SMAN 5 Malang / Tantri Listiamaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Listiamaya Tantri. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning (Make A Match) pada Keterampilan Berbicara Kelas XI Bahasa SMAN 5 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dewi Kartika Ardiyani S.Pd. M.Pd. (2) M. Kharis S.Pd. M.Hum. Kata kunci Teknik pembelajaran Make a Match keterampilan berbicara Keterampilan berbicara merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa. Pembelajaran dalam keterampilan berbahasa hendaknya memiliki variasi agar pembelajaran tersebut menjadi lebih menyenangkan. Berdasarkan pengamatan selama program Praktik Pengalaman Lapangan siswa menemui kesulitan dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Oleh karena itu dibutuhkan suatu teknik yang dapat membantu siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Peneliti memutuskan untuk menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning (Make a Match). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning (Make a Match) pada keterampilan berbicara kelas XI Bahasa SMAN 5 Malang. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah siswa kelas XI Bahasa SMAN 5 Malang yang berjumlah 14 siswa. Data diperoleh melalui kegiatan observasi penilaian keterampilan berbicara dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik pembelajaran Make a Match dapat menjadikan siswa aktif dalam berbicara dan membuat siswa tertarik dengan teknik pembelajaran tersebut. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil observasi dan hasil kuesioner yang menunjukkan tingkat keaktifan siswa. Penerapan teknik pembelajaran ini juga memberikan implikasi yaitu nilai keterampilan berbicara siswa seluruhnya sudah diatas Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teknik pembelajaran Make a Match dapat dijadikan sebagai suatu alternatif teknik pembelajaran yang dapat diterapkan dalam keterampilan berbicara agar siswa dapat menggali kemampuan berbicara mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11883

Actions (login required)

View Item View Item