Studi kemampuan berkarya seni kolase pada siswa kelas IV SDN Se-gugus 2 Kecamatan Dau Kabupaten Malang / Atria Yudi Eltanindya

Eltanindya, Atria Yudi (2019) Studi kemampuan berkarya seni kolase pada siswa kelas IV SDN Se-gugus 2 Kecamatan Dau Kabupaten Malang / Atria Yudi Eltanindya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Eltanindya, Atria Yudi. 2019. Studi Kemampuan Berkarya Seni Kolase pada Siswa Kelas IV di SDN Se-gugus 2 Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Skripsi Prodi S1 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sumanto, M.Pd,, (II) Drs. Syaiful Imam, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan, Karya Seni Kolase, Siswa, SD. Kolase merupakan salah satu kegiatan membuat karya seni menggunakan teknik menempel. Kemampuan dalam berkarya kolase setiap siswa berbeda-beda. Penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa untuk berkarya seni kolase. Penelitian ini dilakukan di SDN se-gugus 2 Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Kemampuan berkarya kolase dapat dilihat dari 3 aspek yaitu kreativitas, keterampilan, dan keindahan. Selain itu, terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat yang memengaruhi kemampuan siswa dalam berkarya seni kolase. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berkarya seni kolase siswa kelas IV di SDN se-gugus 2 Kecamatan Dau Kabupaten Malang dilihat dari segi kreativitas, keterampilan dan keindahan. Selain itu, saat proses pembuatan karya kolase terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat berkarya kolase. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Sumber data diperoleh dari hasil karya kolase siswa, siswa kelas IV, dan wali kelas IV. Analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berkarya seni kolase dilihat dari segi kreativitas siswa termasuk baik. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini sudah bervariatif dan sudah dikombinasikan, serta pola yang dibuat oleh siswa sesuai dengan kreativitas. Dari segi keterampilan kemampuan siswa termasuk baik, karena sudah menggunakan teknik yang bervariasi. Penempelan bahan pada bidang dasar sudah baik. Saat membuat kolase siswa dapat membuat secara mandiri. Dari segi keindahan termasuk baik, karena siswa dapat memadukan warna, kerapian dan kebersihan karya kolase, namun masih banyak karya yang tidak menutup seluruh bidang dasar. Terdapat faktor pendukung dalam kemampuan berkolase, yaitu (1) faktor siswa meliputi bakat dan minat, (2) faktor material/bahan meliputi kelengkapan alat dan bahan dan variasi bahan, dan (3) faktor lingkungan meliputi tersedianya bahan alam di lingkungan sekitar. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu (1) faktor siswa yang meliputi bakat dan minat, (2) faktor material/bahan yaitu kelengkapan alat dan bahan, dan (3) faktor lingkungan yaitu siswa yang mengganggu temannya. Oleh sebab itu, disarankan bagi guru agar selalu mendampingi siswa, memfasilitasi dalam mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki serta lebih membangun kondisi kelas yang kondusif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/118819

Actions (login required)

View Item View Item