Kesesuaian pengembangan indikator RPP dengan soal Penilaian Tengah Semester (PTS) genap pada kelas tinggi di SDN Kotalama 2 tahun ajaran 2018/2019 / Nisfaul Raudhatul Islami

Islami, Nisfaul Raudhatul (2019) Kesesuaian pengembangan indikator RPP dengan soal Penilaian Tengah Semester (PTS) genap pada kelas tinggi di SDN Kotalama 2 tahun ajaran 2018/2019 / Nisfaul Raudhatul Islami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Islami, Nisfaul. R. 2019. Kesesuaian Pengembangan Indikator RPP dengan Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap pada Kelas Tinggi di SDN Kotalama 2 Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi Prodi S1 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dr. Sutarno, M.Pd., (II) Puri Selfi Cholifah, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: analisis kesesuaian, pengembangan indikator, penilaian tengah semester, kelas tinggi Penilaian Tengah Semester merupakan penilaian yang dilakukan pendidik dalam pertengahan semester. Pada penelitian ini akan dipaparkan kesesuaian antara indikator RPP dengan tingkat taksonomi Bloom, kriteria pengembangan RPP, kisi-kisi soal PTS, dan soal PTS pada semester genap di SDN Kotalama 2 tahun ajaran 2018/2019. Soal PTS meliputi lima muatan materi, yaitu PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, SBdP. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian content analysis. Data dikumpulkan melalui studi dokumen yang hasilnya dianalisis kemudian di deskripsikan. Analisis data pada penelitian ini dengan langkah-langkah (1) menelaah data; (2) melakukan koding; (3) penyajian hasil analisis bentuk tabel untuk diidentifikasi; (4) mengisi kolom pada tabel analsis kesesuaian indikator RPP dengan tingkat kognitif dan kriteria pembuatan indikator RPP, kesesuaian indikator RPP dengan kisi-kisi soal PTS, dan kesesuaian indikator RPP dengan soal PTS; (5) Mendeskripsikan hasil analisis; (6) membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada analisis kesesuaian pengembangan indikator RPP berdasarkan tingkat kognitif Taksonomi Bloom kelas IV dan kelas V dominan pada tingkat kognitif taksonomi Bloom mengingat (C1). Untuk hasil analisis tentang kesesuaian pengembangan indikator RPP dengan kriteria pembuatan indikator RPP kelas IV dan kelas V menunjukkan bahwa dari keenam kriteria yang paling banyak terdapat ketidaksesuaian yaitu pada kriteria 2. Hasil analisis kesesuaian indikator RPP dengan kisi-kisi soal PTS pada kelas IV dan kelas V menunjukkan bahwa ketidaksesuaian terbanyak terdapat pada kriteria 2. Dan hasil analisis kesesuaian indikator RPP dengan soal PTS semester genap menunjukkan bahwa pada kelas IV yaitu dari 72 soal PTS yang sesuai dengan indikator RPP sebanyak 66 soal dan tidak sesuai 6 soal. Sedangkan kesesuaian indikator RPP dengan soal PTS semester genap pada kelas V yaitu dari 72 soal yang sesuai dengan indikator RPP sebanyak 67 soal dan tidak sesuai 5 soal. Untuk guru disarankan dalam mengembangkan indikator RPP ini perlu diadakan pembekalan dan pendampingan terutama dalam penyusunan indikator RPP, indikator kisi-kisi, dan soal, agar yang membuat kisi-kisi dan soal bisa sesuai dengan apa yang sudah dipelajari oleh siswa pada RPP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/118818

Actions (login required)

View Item View Item