Analisis muatan nilai-nilai karakter yang terkandung pada karya sastra untuk anak berjenis puisi / Johans Sudargo - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis muatan nilai-nilai karakter yang terkandung pada karya sastra untuk anak berjenis puisi / Johans Sudargo

Sudargo, Johans (2019) Analisis muatan nilai-nilai karakter yang terkandung pada karya sastra untuk anak berjenis puisi / Johans Sudargo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sudargo Johans. 2019. Analisis Muatan Nilai-Nalai Karakter yang Terkandung Pada Karya Sastra untuk Anak Berjenis Puisi. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muchtar S.Pd. M.Si. (II) Drs. Imam Nawawi M.Si. Kata Kunci analisis Nilai Karakter Puisi Penelitian ini dilakukan karena pelaksanaan gerakan literasi sekolah mulai banyak dilaksanakan di sekolah dasar. Literasi dilaksanakan untuk mendorong siswa membaca buku non pelajaran. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk membantu memilih buku bacaan non pelajaran untuk siswa maupun guru yang sesuai dengan kebutuhan dan dapat digunakan untuk penanaman nilai-nilai karakter untuk siswa. Pada pendidikan karakter yang dilakukan di sekolah dasar terdapat nilai-nilai karakter yang diterapkan. Nilai karakter ini dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan pendidikan disekolah. Menurut Permendikbud No 20 tahun 2018 pasal 2 mengenai nilai-nilai karakter meliputi nilai religius jujur toleran disiplin kerja keras kreatif mandiri demokratis rasa ingin tahu semangat kebangsaan cinta tanah air menghargai prestasi komunikatif cinta damai gemar membaca peduli lingkungan peduli sosial dan tanggung jawab. Nilai-nilai tersebut merupakan perwujudan dari 5 nilai utama yaitu (1) nilai religius (2) nilai nasionalis (3) nilai kemandirian (4) nilai gotong royong dan (5) nilai integritas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif bermaksud untuk memahami suatu fenomena peristiwa atau isu-isu sosial yang datanya disajikan dalam bentuk deskripsi Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif. Penelitian ini melaporkan keadaan objek dan subjek yang diteliti secara detail dengan keadaan dan kejadian sesuai dengan fakta dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Pada penelitian deskriptif kualitatif ini peneliti sebagai instrumen penelitian. Sehingga peran peneliti dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data menganalisis data dan membuat laporan hasil penelitian. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara studi dokumen. Data dapat berupa tulisan gambar maupun karya seseorang. Pada penelitian ini data diperoleh berupa deskripsi yang berisikan muatan nilai-nilai karakter yang terletak pada sumber data berupa buku kumpulan puisi anak berjudul suara burung karya Firmansyah (2017). Dalam buku tersebut terdapat 60 puisi diambil sejumlah 12 karya yang diyakini menggambarkan dimensi-dimensi tema yang ada pada sastra puisi anak tersebut. Dimensi tema tersebut terdiri atas 6 tema yaitu (1) persahabatan (2) kesedihan (3) kebahagiaan (4) harapan (5) perasaan dan (6) inspirasi. Pada 6 tema tersebut diwakili 2 puisi. Penetapan 2 puisi di masing-masing tema dengan pertimbangan proses dan produk yang dapat saling memberikan bobot dalam menimbang kualitas puisi anak. Muatan nilai-nilai karakter yang digunakan sebagai pedoman adalah Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018. Pada buku kumpulan puisi anak berjudul suara burung karya Firmansyah (2017) terdapat 60 puisi terdiri dari 6 tema. Dari 6 tema diwakili 2 puisi disetiap temanya yaitu (1) tema persahabatan dengan judul sahabat karya Putri (47) (2) tema persahatan dengan judul wahai sahabat karya Carissa (32) (3) tema kesedihan dengan judul tlah tiada karya Ramadhan (45) (4) tema kesedihan dengan judul selalu teringat karya Hidayat (37) (5) tema kebahagiaan dengan judul riang gembira karya Hasan (43) (6) tema kebagiaan dengan judul pagi yang cerah karya Viana (49) (7) tema harapan dengan judul doa untuk nenek karya Ibrahim (20) (8) tema harapan dengan judul impian yang ditunggu karya Fuadi (24) (9) tema perasaan dengan judul rindu ibu karya Dwiyanti (53) (10) tema perasaan dengan judul memendam rasa karya Juliyanti (22) (11) tema inspirasi dengan judul rakitan sepeda motor karya Koreshy (28) (12) tema inspirasi dengan judul guruku karya Nurfatihah (15). Dari 12 puisi tersebut nilai karakter yang muncul yaitu 1) nilai karakter religius sebanyak 12 kali 2) nilai karakter mandiri sebanyak 5 kali 3) nilai karakter gotong royong sebangak 4 kali 5) nilai karakter integritas sebanyak 37 kali. Dari temuan tersebut jumlah nilai karakter yang dominan keluar yaitu nilai karakter integritas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/118815

Actions (login required)

View Item View Item