Penerapan konktete poesie dalam pembelajaran kosakata dan tata bahasa Jerman kelas XI Bahasa SMAN 4 Malang / Minszenti Arnoldus - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan konktete poesie dalam pembelajaran kosakata dan tata bahasa Jerman kelas XI Bahasa SMAN 4 Malang / Minszenti Arnoldus

Arnoldus, Minszenti (2013) Penerapan konktete poesie dalam pembelajaran kosakata dan tata bahasa Jerman kelas XI Bahasa SMAN 4 Malang / Minszenti Arnoldus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Konkrete Poesie Pembelajaran Kosakata dan Tata Bahasa. Pembelajaran kosakata dan tata bahasa seringkali membuat peserta didik merasa bosan dan memiliki permasalahan di antaranya harus mempelajari aturan memahami kosakata serta melakukan latihan tata bahasa yang sulit. Hal ini menyebabkan peserta didik merasa takut dan kehilangan motivasi untuk mempelajari kosakata dan tata bahasa. Sementara itu pembelajaran yang monoton membuat peserta didik semakin kehilangan motivasi belajar. Konkrete Poesie adalah salah satu alternatif teks sastra untuk mendukung pembelajaran kosakata dan tata bahasa Jerman. Konkrete Poesie dapat membangkitkan minat peserta didik untuk lebih mudah mempelajari kosakata dan tata bahasa. Peserta didik juga memiliki kesempatan untuk bermain sambil belajar. Dengan demikian ketakutan mereka hilang dan berani untuk belajar bahkan menjadi kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan konkrete Poesie dalam pembelajaran kosakata dan tata bahasa Jerman di kelas XI Bahasa SMAN 4 Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Bahasa SMAN 4 Malang tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 9 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen observasi dan angket. Berdasarkan hasil observasi dan angket dari para peserta didik pada saat penelitian ini dilaksanakan diketahui bahwa peserta didik antusias aktif dan termotivasi saat mengikuti pembelajaran. Sebanyak 89 % peserta didik menyatakan sangat setuju dan 11% menyatakan setuju bahwa penerapan konkrete Poesie dalam pembelajaran kosakata dan tata bahasa membuat mereka senang dan termotivasi mempermudah mereka memahami kosakata dan tata bahasa serta menerapkannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11879

Actions (login required)

View Item View Item