Penggunaan model cooperative script untuk keterampilan mendengar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran bahasa Jerman di SMA Negeri 5 Malang / Wahida Rahmania Arifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan model cooperative script untuk keterampilan mendengar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran bahasa Jerman di SMA Negeri 5 Malang / Wahida Rahmania Arifah

Arifah, Wahida Rahmania (2013) Penggunaan model cooperative script untuk keterampilan mendengar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran bahasa Jerman di SMA Negeri 5 Malang / Wahida Rahmania Arifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model pembelajaran cooperative script keterampilan mendengar Model cooperative script adalah suatu model pembelajaran siswa berpasangan untuk menyimpulkan materi pembelajaran. Model pembelajaran ini dapat melatih ketelitian dan kecermatan serta keterampilan mendengar. Oleh karena itu model pembelajaran cooperative script dapat digunakan untuk keterampilan mendengar pada mata pelajaran bahasa Jerman di SMA Negeri 5 Malang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran cooperative script dan hasilnya untuk keterampilan mendengar bahasa Jerman di kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang. Rancangan penelitian adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi tes wawancara dan angket. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengecekan data tahap identifikasi klasifikasi data dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model cooperative script berlangsung dengan baik. Berdasarkan hasil observasi wawancara dan angket diketahui bahwa model cooperative script menumbuhkan keaktifan ketelitian dan kecermatan sehingga siswa memahami isi teks dengar. Hal tersebut diperkuat dengan hasil evaluasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh simpulan hasil penelitian. Pembelajaran keterampilan mendengar bahasa Jerman dengan menggunakan model cooperative script pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Malang berlangsung dengan baik. Model tersebut dapat digunakan sebagai model pembelajaran keterampilan mendengar bahasa Jerman karena dapat menumbuhkan keaktifan ketelitian dan kecermatan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11877

Actions (login required)

View Item View Item