Penulisan tagebuch pada matakuliah aufsatz I di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Daniyatul Haq - Repositori Universitas Negeri Malang

Penulisan tagebuch pada matakuliah aufsatz I di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Daniyatul Haq

Haq, Daniyatul (2013) Penulisan tagebuch pada matakuliah aufsatz I di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Daniyatul Haq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Menulis Tagebuch Aufsatz I Di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang keterampilan menulis dilatihkan secara intensif dalam matakuliah Aufsatz I dan Aufsatz II. Pada matakuliah ini mahasiswa bebas menuangkan ide atau gagasannya dalam bentuk karangan sesuai dengan tema dan judul yang telah ditentukan. Agar mahasiswa terbiasa membuat karangan berdasarkan pengalamannya masing-masing dibutuhkan sebuah cara. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah penulisan catatan harian (Tagebuch). Tagebuch atau biasa juga disebut diary adalah catatan kejadian yang dialami seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penulisan Tagebuch pada matakuliah Aufsatz I di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Sastra Jerman angkatan 2011 Offering A Universitas Negeri Malang sebanyak 24 mahasiswa yang menempuh matakuliah Aufsatz I. Data dalam penelitian ini adalah Tagebuch yang ditulis oleh mahasiswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penulisan Tagebuch merupakan sebuah cara yang menarik dalam melatih keterampilan menulis mahasiswa. Menulis Tagebuch dapat membantu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis karangan berdasarkan pengalaman pribadi. Dari hasil karangan dalam Tagebuch sebagian besar mahasiswa memperoleh nilai di atas standar yang telah ditentukan. Sebanyak 16 orang mahasiswa memperoleh nilai di atas 60. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa telah mampu menggunakan bahasa Jerman secara produktif tertulis setingkat A2 dan penulisan Tagebuch merupakan kegiatan yang sesuai untuk melatih keterampilan menulis khususnya pada matakuliah Aufsatz.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11873

Actions (login required)

View Item View Item