Penerapan media permainan mini bandolino untuk penguasaan kosakata bahasa Jerman pada siswa kelas X-5 SMA Negeri 3 Malang / Grace Valencia C. Hitijahubessy - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media permainan mini bandolino untuk penguasaan kosakata bahasa Jerman pada siswa kelas X-5 SMA Negeri 3 Malang / Grace Valencia C. Hitijahubessy

Hitijahubessy, Grace Valencia C. (2013) Penerapan media permainan mini bandolino untuk penguasaan kosakata bahasa Jerman pada siswa kelas X-5 SMA Negeri 3 Malang / Grace Valencia C. Hitijahubessy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci media permainan Mini Bandolino pembelajaran kosakata Kosakata adalah salah satu hal dasar yang harus dikuasai dalam awal pembelajaran suatu bahasa termasuk bahasa Jerman. Dalam proses menguasai kosakata bahasa Jerman kata benda dan Artikel adalah salah satu bagian yang tersulit. Kendati siswa kelas X-5 SMAN 3 Malang memiliki ketertarikan yang tinggi akan bahasa Jerman sebagai pembelajar bahasa Jerman tingkat awal mereka pun menganggap hal tersebut sebagai kesulitan. Untuk itu diperlukan adanya media yang menarik dan dapat membantu siswa dalam mengenal dan mengingat kata benda berbahasa Jerman dan Artikel yang menyertai. Mini Bandolino sebagai sebuah media permainan yang diharapkan dapat menjadi solusi tepat bagi masalah tersebut. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana penerapan media permainan Mini Bandolino pada siswa kelas X-5 SMAN 3 Malang dan bagaimana hasilnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian sekaligus sumber data penelitian ini adalah siswa kelas X-5 SMAN 3 Malang. Data yang digunakan diperoleh dari (a) observasi (b) dokumentasi karangan siswa (c) angket siswa dan (d) wawancara dengan pengajar tetap bahasa Jerman di kelas X-5. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa media permainan Mini Bandolino dapat diterapkan dengan baik pada kelas X-5 dengan langkah-langkah sebagai berikut (a) pembagian siswa dalam kelompok kecil (b) pemberian teks berisi kosakata baru (c) pemberian media sebagai media untuk mengenal kosakata baru dan memahami teks (d) penggunaan media oleh siswa dan (e) pengaplikasian dengan membuat teks serupa. Hasil analisis data secara keseluruhan menunjukkan bahwa media permainan Mini Bandolino mampu menarik perhatian antusiasme dan fokus siswa terhadap pembelajaran bahasa Jerman. Media tersebut terbukti membantu siswa dalam mengenal dan memahami kata benda beserta Artikel dalam bahasa Jerman sehingga siswa terbantu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Sebagai salah satu bagian dari proses belajar masih ditemukan beberapa kesalahan dalam penggunaan media oleh siswa dan karangan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11872

Actions (login required)

View Item View Item