Penerapan teknik pengaya memori floria dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 8 Malang / Citra Karuniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teknik pengaya memori floria dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 8 Malang / Citra Karuniasari

Karuniasari, Citra (2013) Penerapan teknik pengaya memori floria dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 8 Malang / Citra Karuniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Teknik pengaya memori FLORIA keterampilan berbicara Untuk mengembangkan keterampilan berbicara bahasa Jerman dibutuhkan penguasaan kosa kata yang maksimal. Keterbatasan daya ingat juga menjadi faktor penguasaan kosa kata oleh siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan teknik yang dapat membantu siswa dalam menguasai kosa kata sehingga dapat mengembangkan keterampilan berbicara siswa. Berdasarkan hal tersebut peneliti menggunakan teknik pengaya memori FLORIA untuk memudahkan siswa menguasai kosa kata dan memotivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik pengaya memori FLORIA dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Jerman. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yaitu siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 8 Malang yang berjumlah 5 orang. Data yang dikumpulkan adalah data proses kegiatan pembelajaran dan data hasil tes siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi angket dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian penerapan teknik pengaya memori FLORIA ini menunjukkan bahwa teknik ini merupakan teknik pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk mengingat kosakata dan memotivasi siswa berbicara bahasa Jerman. Hal ini disebabkan media tersebut merupakan media yang baru pertama digunakan oleh guru sebelumnya sehingga siswa menjadi lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran. Penerapan teknik pengaya memori FLORIA ini mempermudah siswa dalam mengingat kosakata sehingga dapat mengembangkan keterampilan berbicara dalam bahasa Jerman. Hal ini terbukti dari nilai yang diperoleh seluruh siswa sudah memenuhi Standar Kentuntasan Minimum (SKM) yang ditentukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik pengaya memori FLORIA dapat digunakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara bahasa Jerman keaktifan siswa motivasi siswa dalam belajar dan penerapan teknik tersebut memudahkan siswa untuk mengingat materi yang telah dipelajari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11864

Actions (login required)

View Item View Item