Kesalahan penggunaan kasus akkusativ dan dativ dalam karangan mahasiswa angkatan 2009 Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang pada matakuliah aufsatz I / Anggun Lancana Putri

Putri, Anggun Lancana (2013) Kesalahan penggunaan kasus akkusativ dan dativ dalam karangan mahasiswa angkatan 2009 Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang pada matakuliah aufsatz I / Anggun Lancana Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci : kesalahan gramatika, Akkusativ, Dativ. Dalam pembelajaran bahasa Jerman tentu akan selalu berkaitan dengan gramatika yang terdiri dari berbagai macam klasifikasi. Salah satunya adalah Kasus yang terdiri dari empat macam, yaitu Nominativ, Akkusativ, Dativ, dan Genitiv. Keempat kasus tersebut dipelajari oleh mahasiswa Offering B angkatan 2009 pada matakuliah Deutsch I-III dan dipelajari secara khusus serta lebih mendalam pada matakuliah Struktur und Wortschatz I yang kemudian diaplikasikan pada matakuliah Aufsatz I. Sehingga mahasiswa seharusnya tidak lagi mengalami kesulitan dalam penggunaan keempat kasus tersebut. Namun pada kenyataannya masih terdapat banyak kesalahan gramatika yang mewarnai karangan mahasiswa pada matakuliah Aufsatz I, terutama penggunaan kasus Akkusativ dan Dativ. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menganalisis kesalahan gramatika terkait Akkusativ dan Dativ yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menulis karangan pada matakuliah Aufsatz I. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan gramatika terkait dengan penggunaan kasus Akkusativ dan Dativ pada karangan mahasiswa pada matakuliah Aufsatz I. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah hasil karangan mahasiswa Offering B Angkatan 2009 Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang yang berjumlah 18 orang dengan 8 tema dari masing-masing mahasiswa. Data penelitian berupa semua kalimat dalam karangan yang mengandung unsur kasus Akkusativ dan Dativ. Dalam prosedur pengumpulan data, peneliti bertindak sebagai instrumen utama dan peneliti membutuhkan instrumen penunjang yaitu tabel dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat enam jenis kesalahan pada karangan mahasiswa yaitu: (1) kesalahan Akkusativ/Dativ pada penggunaan/pemilihan preposisi, (2) kesalahan Akkusativ/Dativ pada penggunaan/pemilihan artikel, (3) kesalahan Akkusativ Dativ pada deklinasi adjektiva (4) kesalahan Akkusativ/Dativ pada bentuk plural, (5) kesalahan Akkusativ/Dativ pada penggunaan Possesivpronomen, dan (6) kesalahan Dativ pada penggunaan obyek tidak langsung. Dari keenam jenis kesalahan tersebut, mahasiswa paling banyak melakukan kesalahan Akkusativ Dativ pada penggunaan/pemilihan artikel dan memang benar bahwa mahasiswa masih kesulitan dalam penggunaan kasus Akkusativ dan Dativ. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa masih mengalami banyak kesalahan dalam penggunaan kasus Akkusativ dan Dativ bahasa Jerman. Meskipun mahasiswa telah memperoleh materi Akkusativ dan Dativ pada matakuliah Deutsch I-III dan Struktur und Wortschatz I pada semester sebelumnya. Oleh karena itu, disarankan agar mahasiswa lebih meningkatkan i semangat belajar dengan menggunakan buku ajar yang relevan yang sangat membantu dalam pembelajaran materi tersebut. Hal lain yang dapat dilakukan adalah mengerjakan lebih banyak soal latihan baik secara mandiri ataupun belajar kelompok serta lebih teliti saat menggunakan kasus Akkusativ dan Dativ, sehingga mahasiswa dapat menghasilkan karangan yang baik dan benar sesuai dengan gramatika bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11863

Actions (login required)

View Item View Item