Penerapan media lagu dalam pembelajaran konjugasi Bahasa Jerman siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang / Roby Hyoga Jaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media lagu dalam pembelajaran konjugasi Bahasa Jerman siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang / Roby Hyoga Jaya

Jaya, Roby Hyoga (2013) Penerapan media lagu dalam pembelajaran konjugasi Bahasa Jerman siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang / Roby Hyoga Jaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Lagu Pembelajaran Konjugasi Materi gramatika merupakan materi dasar yang harus dipahami oleh siswa yang mempelajari bahasa Jerman. Permasalahan yang terjadi adalah siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi gramatika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menerapkan media lagu sebagai media pembelajaran bahasa Jerman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil penerapan media lagu pada pembelajaran konjugasi siswa kelas X SMAN 1 Tumpang. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari 34 siswa kelas X-6 SMAN 1 Tumpang. Data yang diambil adalah observasi atau proses penerapan media lagu dan hasil tes siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan proses penerapan media lagu dan menghitung hasil tes sesuai dengan kriteria penilaian. Penerapan media lagu dapat membantu siswa untuk memahami materi konjugasi. Dari tes yang dilaksanakan dua kali didapatkan rata-rata 75% hasil tes siswa di atas SKM. Sementara itu 25% mendapatkan nilai di bawah SKM. Penerapan media lagu juga memberi dampak positif bagi siswa siswa lebih antusias dan bersemangat untuk mengikuti pelajaran. Perhatian siswa terpusat pada penyampaian materi yang disampaikan melalui media lagu. Hasil penelitian di atas menunjukan bahwa media lagu dapat diterapkan untuk membantu siswa memahami materi konjugasi. Di sisi lain materi yang terdapat dalam lagu tidak sealalu dapat dipahami oleh siswa sehingga peran guru tetap dibutuhkan untuk memberi penjelasan atas materi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11861

Actions (login required)

View Item View Item