Pemanfaatan media gambar tiga dimensi pada pembelajaran kosakata Bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 7 Malang / Rizki Amelia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media gambar tiga dimensi pada pembelajaran kosakata Bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 7 Malang / Rizki Amelia

Amelia, Rizki (2013) Pemanfaatan media gambar tiga dimensi pada pembelajaran kosakata Bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 7 Malang / Rizki Amelia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Media gambar tiga dimensi pembelajaran kosakata Kosakata merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pembelajaran bahasa. Melalui kosakata siswa dapat menerapkan empat keterampilan berbahasa yaitu membaca menulis berbicara dan menyimak. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti dikelas XI Bahasa di SMAN 7 Malang diperoleh informasi bahwa penguasaan bahasa Jerman khususnya kosakata masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan tes yang diberikan guru bidang studi dari hasil tes tersebut didapat hasil bahwa sebagian dari siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami dan menghafal kosakata bahasa Jerman. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan diatas adalah dengan memanfaatkan media gambar tiga dimensi pada pembelajaran kosakata bahasa Jerman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan dan hasil pembelajaran kosakata bahasa Jerman dengan menggunakan media gambar tiga dimensi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 7 Malang. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa yang mengikuti pembelajaran bahasa Jerman. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi tes tertulis dan angket. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi tes dan angket. Berdasarkan hasil angket terdapat enam dari tujuh siswa atau 85% siswa menyatakan setuju bahwa pemanfaatan media gambar tiga dimensi dapat membantu siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman. Hasil penelitian juga menunjukkan proses belajar yang lebih efektif juga menunjukkan adanya peningkatan semangat dan motivasi siswa pada pelajaran bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11860

Actions (login required)

View Item View Item